Pola Asuh Masyarakat Pamotan

Pola Asuh Masyarakat Pamotan


Oleh: Siti Durrotul Manihah
(Siswa SMA Negeri 1 Pamotan)


Cara Orang Tua Mengenalkan Kasih Sayang

Ada sebuah keluarga sederhana mereka hidup dengan penuh kebahagiaan dan kasih sayang. Orang tuanya sangat menyayangi anaknya. Mereka memberi kasih sayang diantaranya dengan cara menciumnya dalam keadaan senang maupun sedih. Saat masih kecil ketika anaknya merasa lelah mereka menggendongnya dengan sayut sambil menyanyikan lagu anak-anak maupun dengan membacakan alunan-alunan berbau islami dan kadang sambil menyuapinya  sebuah bubur. Setelah itu, mereka meninabobokkan dengan mengayun-ayunkannya dengan penuh kelembutan dan pelan lalu mereka menidurkannya. Karena sangat sayangnya mereka pada anaknya setiap kali tidur agar anaknya tidak digigit nyamuk mereka melindunginya dengan cara menyalakan obat nyamuk atau memasang selambu dikamarnya. Pada saat ulang tahun atau anaknya meraih juara mereka memberinya sebuah hadiah.Hal itu dilakukan dengan harapan anaknya lebih semangat dan termotivasi untuk menjadi yang lebih baik. Mereka juga mengajari anaknya menyayi saat berkumpul bersama.

Cara Orang Tua Mengenalkan Jenis Kelamin

Orang tua juga memberi nama pada anaknya untuk menandai bahwa anaknya laki-laki atau perempuan. Jika anaknya laki-laki biasanya ada Mohammadnya dan jika perempuan ada Sitinya,mereka memberi nama pada anaknya yang mengandung arti nama yang baik.Biasanya jika anak laki-laki mereka memberinya permainan robot-robotan,pesawat-pesawatan,mobil-mobilan,dll. Sedangkan jika perempuan adalah boneka,biasanya boneka seperti kartun favoritnya. Mereka juga membelikan pakaian sesuai pilihan anaknya sendiri,sedangkan bentuk kamar anak laki-laki biasanya bertema bola.Jika anak perempuan catnya biasanya berwarna yang terang-terang.Orang tua juga mengenalkan anaknya pada konsep saru dan malu,seprti ketika ada tamu dan sikap kita tidak sopan santun dan melakukan kesalahan,kita akan merasa malu.

Cara Orang Tua Mengenalkan Anggota Keluarga
Orang tua mengenalkan anggota keluarga pada anaknya dengan cara bercanda tawa bersama,hal itu membuat keakrabn pada anggota keluarga dan akhirnya mereka saling mengenal atau dengan cara bersilaturahmi seperti berkunjung ke rumah kakek,nenek,dll.

Cara Orang Tua Mengenalkan Konsep Kebersihan
Ketika anaknya buang air kecil atau buang air besar orang tua membersihkannya dan menyiramnya sampai bersih. Orang tua memandikan anaknya pda saat akan pergi ke sekolah,bangun tidur dipagi hari ,menjelang sore. Mereka memandikannya dengan menggunakan gayung/di air yang bersih,hal itu agar menjadi kebiasaan sampai dewasa nanti. Ketika orang tua mencuci pakaian dengan mengajak anaknya mencuci agar anaknya tahu cara mencuci dan ketika orang tua menyapu.Anaknya boleh bermain di tempat-tempat yang tidak membahayakan dirinya dan teman-temannya.

Cara Orang Tua Mengenalkan Benda-benda Berbahaya
Ketika orang tua memasak dengan menggunakan pisau,orang tua memberitahu pada anaknya bahwa pisau bukan untuk bermain begitu juga listrik.Orang tua mengenalkan api pada anaknya bahwa api bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,namun jika dalam jumlah besar akan sangat berbahaya. Akan hal itu orang tua selalu menyimpan benda-benda berbahaya tersebut ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak mereka. Jika anaknya terkena benda-benda berbahaya tersebut mereka dengan cepat membawanya ke dokter atau segera memberinya pengobatan secara langsung.

Cara Orang Tua Mengenalkan Konsep Kesehatan
Bila anaknya mengalami demam orang tua akan segera mengobati sebisanya dan jika demamnya belum juga turun anaknya akan dibawa ke dokter. Jika anaknya batuk mereka biasanya membuatkan obat herbal ,seperti minuman hangat dari jahe untuk meredakan batuk anknya. Orang tua juga memberitahu tentang obat-obat an herbal dirumah yang bermanfaat seperti, kunyit,jahe,dll. Mengajak anka ke dukun pijet saaat anak keseleo ,patah tulang ringan,dll.

Cara Mengenalkan Agama

Mengenalkan agama pada anak sangat penting karena anak akan menjadi seorang yang lebih beriman kepada tuhan-Nya. Cara orang tua mengenalkan agama kepada anaknya yaitu memberitahu bahwa orang islam adalah beragama islam dan kita hanya menyembah satu Tuhan yaitu Allah SWT. Tuhan adalah yang menciptakan seluruh yang ada di muka bumi,semua milik-Nya dan semuanya akan kembali pada-Nya.Orang tua mengajari kita bahwa kita harus melakukan hal-hal baik agar mendapatkan pahala dan masuk surga,dan menjauhi larangannya agar terhindar dari dosa dan siksa neraka. Mereka juga mengajari anaknya sejak dini bagaimana cara sholat yang benar.M engajarinya belajar kitab suci Al-Qur’an biasanya orang tua mendaftarkannya ke madrasah atau pun mengaji bersama ustazd. Mengajarkan anak agar selalu bersedekah kepada siapapun yang membutuhkan karena kita tahu bahwa semua hanya milik Allah dan semua itu akan kembali pada-Nya.



Post a Comment

Previous Post Next Post