Kandungan Konflik Sosial Pada Lirik Lagu Tampomas - Iwan Fals

Kandungan Konflik Sosial Pada Lirik Lagu Tampomas - Iwan Fals

Penulis: Sindi Fatmawati*

doc, Sindi Fatmawati, 2018
Tampomas sebuah lagu virgiawan listanto atau yang lebih di kenal dengan nama iwan fals. Seorang penyanyi legendaris indonesia yang lahir di jakarta 3 september 1961.

Lagu yang berjudul Tampomas ini di ciptakan oleh iwan fals untuk menggambarkan tragedi kebakaran kapal Tampomas 2 yang menewaskan 431 nyawa melayang

Seperti yang kita ketahui iwan fals mengarang lagu ini dengan tujuan agar kita tahu bagaimana situasi, keadaan, kondisi pada saat kapal Tampomas terbakar, tenggelam, dan bagimana proses penyelamatan para korban. Kejadian ini di uraikakn oleh iwan flas melalui sebuah lirik- lirik lagu yang sangat menyentuh hati.

Api menjalar dari sebuah kapal, jerit ketakutan keras melebihi gemuruh gelombang yang datang. Pada lirik pertama ini iwan fals menggambarkan situasi pada saat api menjalar para penumpang menjerit ketakutan semua orang panik dan tidak bisa berbuat apa- apa, Mereka hanya bisa berdoa agar mereka selamat.

Sejuta lumba mengawasi cemas, risau camar membawa kabar Tampomas terbakar. pada lirik kedua ini iwan fals menggambarkan bagaimana cemasnya kerabat, sanak saudara, keluarga para penumpang saat mendengar kabar bahwa kapal Tampomas terbakar mereka sangat khawatir, bingung, dan tak mampu menahan air mata pada saat mendengar kabar tsb.

Risau camar memberi salam Tampomas 2 tenggelam. Pada lirik disini digambarkan kejadian sesudah kapal Tampomas terbakar setelahnya kapal habis terbakar lalu temggelalm bersama para korban jiwa teang terbakar

Asap kematian dan bau daging terbakar, terus menggelepar dalam ingatan. Lirik ini menggambarkan keadaan para korban jiwa akibat kebakaran kapal. Para korban yang selamat merasakan traumatik yang mendalam dan tak bisa melupakannya sampai sekarang.

Korbankan ratusan jiwa mereka yang belum tentu berdosa korbankan ratusan jiwa demi peringatan manusia. Pada lirik ini mengingatkan kita akan kebesarDan sang maha pencipta agar kita lebih taat dalam beribadah. dan melalui kejadian ini sang maha pencipta memberi kita isayat/ peringatan agar kita sebagai manusia tidak boleh sombong, takabur, dan harus tetap rendah hati. Karena kebesaran hanya milik allah

Datangnya pertolongan yang sangat di harapkan, bagai rindukan bulan, di lirik ini para tim sar akhirnya datang menolong para korban yang selamat. Terus para korban sangat mendambakan, mengharapkan bahkan merindukan pertolongan yang sangat dinanti-nanti kan, kesenangan, kelegaan para korban akhirnya tercapai.

Lamban engkau pahlawan celoteh sang camar. Bermacam alasan tak mau kami dengar di pelupuk mata hanya terlihat jilat api dan jerit penumpang kapal. di lirik ini menurut pendapat saya mungkin ada sedikit kritik yang mendalam dari iwan fals. Tim sar yang sangat lamban dalam menolong para korban dan akhirnya banyak yang tak terselamatkan. Korban yang selamat tak mau medengar bermacam alasan yang di utarakan olehpihak tim sar yang mereka lihat hanya jilat api dan jerit penumpang kapal bukan sebuah pertolongan.

Sebuah kritik lainnya yang di berikan iwan fals melalkui lirik terakhir lagu tamppomas iwan fals mengkritik kapal tampomas yang di beli dengan harga mahal hanyalah sebuah kapal bekas yang terbakar di laut lepas

Para penumpang terjun bebas akibat pertolongan yang lamban. Beli lewat jalur culas hati siapa yang tak panas kasus ini wajib tuntas koran koran seperti amblas pahlawan ku kurang tangkas, cukup tamat bilang naas.

Menurut saya lagu ini sanagt bagus tiap bait lagu mengandung makna yang mendalam.saya tahu bagaimana pengarang ingin masyarakat mengetahui bagaimana peristiwa terbakarnya kapal tampomas. Tapi di akhir bait lagu Tampomas ini banyak kritikan pedas yang di berikan penulis terhadap pihak pemerintah dan penyelamat yang tidak cekatan dalam menangani kejadian ini yang mengakibatkakn banyaknya korban jiwa. 


* Penulis adalah siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas XI IPS 5


Post a Comment

Previous Post Next Post