MENGENAL TRADISI MASYARAKAT BUAH TROPIS

MENGENAL TRADISI MASYARAKAT BUAH TROPIS


Tulisan ini merupakan literasi pendamping dalam mengkaji hubungan masyarakat buah tropis terhadap rujak dalam tradisi mitoni. Bagaimana cara kerjanya dan apa pesan pendidikan dari hubungan antara buah tropis dan tradisi mitoni, diulas dalam tulisan ini. Selamat membaca. 

Rujak mitoni yaitu olahan buah-buahan tropis yang diiris lembut bercampur sambal yang disajikan pada saat doa bersama ketika perempuan telah hamil tujuh bulan. Rupa buah yang disajikan adalah buah-buahan segar. Beberapa jenis buah-buahan yang kerap digunakan rujak mitoni adalah buah delima, mangga, timun, nanas, kedondong, bengkoang,  jambu, belimbing, jambu air, jeruk bali, dan adapula yang ditambah buah anggur. Ragam buah segar tersebut ada yang diparut memanjang, dipotong, dan dibelah sesuai karakter daging buahnya. Adonan segar tersebut kemudian dicampur dengan sambal ulek berbahan cabai merah, gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya. Setelah tercampur merata, rujak siap sajikan saat doa bersama tetangga dan keluarga dekat. 

Tradisi mitoni merupakan kebiasaan mendoakan ibu yang sedang hamil tujuh bulan. Biasanya doa bersama digelar pada malam hari dengan mengundang tetangga dan keluarga dekat. Melalui doa bersama tersebut, diharapkan proses kehamilan hingga melahirkan berjalan lancar. Dalam doa bersama, sering terdengar lantunan doa sebagai berikut. 

“Dhuh Gusti Allah ingkang paring berkah, mugi Panjenengan karsaa paring kaberkahan ing umur, rizki, agama, donya lan anak. Dhuh Gusti Allah ingkang murbeng dumadi, mugi karsa njaga jabang bayi ingkang taksih wonten ing rahime ibunipun meniko. Panjenengan kersa paringi kasarasan dhumateng jabang bayi lan ibunipun. Panjenengan ingkang maringi kesehatan. Mboten wonten kesehatan kajaba saking Panjenengan, ora ana sing bisa nemtokake penyakit lan bebaya kecobo Panjenengan . Ya Allah, wujudake jabang bayi ing wetenge ibune kanthi rupa sing apik, ayu lan sampurna. Atur ing atine arupi iman marang Panjenengan lan utusan Panjenengan ing donya ngantos akhirat. Dhuh Gusti Allah, panjangaken umuripun, sehataken badanipun, mbenakaken akhlakipun kanti akhlakul karimah, lancarake lisanipun, ndadosaken swantenipun ndadosaken  raos seneng nalika maos Al-Qur’an saha Hadits ingkang mulya, kanthi kaberkahan saking derajate junjungan kawula, Nabi Agung Muhammad SAW”.


Menurut keyakinan masyarakat setempat yang melangsungkan tradisi rujak mitoni, olahan rujak akan menarik perhatian tetangga sekitar untuk dicicipi. Rujak mitoni dengan karakter rasa asam, manis, pedas dan segar dengan aroma yang menggoda ini, diharapkan nantinya terlahir anak yang dapat berkumpul dan berbaur dengan semua lapisan masyarakat, seperti halnya rasa rujak. Dari sinilah tampak adanya hubungan tradisi rujak mitoni dengan konsep sosialisasi lebih dini, dimana setiap anggota masyarakat yang akan lahir mendapatkan doa oleh tetangga dan keluarga dekat untuk dapat menyesuaikan diri terhadap nilai baik dan norma baik yang berlaku dalam masyarakat. Nilai dan norma sosialisasi sejak dini itu dapat dilihat pada lantunan doa, dimana anak kelak baik akhlaknya, baik lisannya, dan suka membaca al-quran dan hadist. 

Melalui rujak mitoni, sosialisasi sejak dini telah dilangsungkan untuk mengenal aneka buah-buahan. Keberadaan ragam buah yang digunakan rujak mitoni tentu saja tidak datang secara sendirinya. Buah-buahan tersebut ada karena ditanam. Melalui tradisi rujak mitoni pula, sosialisasi sejak dini telah berlangsung agar anggota masyarakat rajin menanam buah-buahan. 

Sungguh luar biasa fungsi tradisi rujak mitoni. Melalui tradisi rujak mitoni, masyarakat (Jawa) telah mengenalkan kita semua terhadap bagaimana nantinya hidup bersama masyarakat. Melalui tradisi rujak mitoni pula, masyarakat telah mengenalkan kita semua terhadap bagaimana untuk tetap menanam buah-buahan, seperti jenih buah di iklim tropis yang mudah dalam budidayanya, dan memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mari rujakan bersama, salam rujak ulek. 

Penulis adalah Suhadi (Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Pamotan)
Keterangan: Foto rujak gobet bersumber dari http://www.harianblora.com/ dan foto kondangan bersumber dari http://www.ulimayang.com/
Download berkas Rujak Mitoni

35 Comments

  1. artikell yang sangat bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  2. informasi yang saya baca dari "Mengenal tradisi masyarakat buah tropis" banyak hal yang saya dapat terutama dalam acara mitoni, melalui tradisi mitoni masyarakat dapat bersosialisasi sejak dini,dimana setiap anggota yang akan lahir dapat mendapatkan doa oleh tetangga dan keluarga dekat untuk dapat menyesuaikan diri terhadap nilai baik dan norma baik yang berlaku dalam masyarakat dan anggota masyarakat rajin menanam buah-buahan disekitar mereka.



    Nama:Nila Nihayatul Husna
    Kelas:XII IPS 3
    No.absen:22

    ReplyDelete
  3. Tradisi rujak mitoni sangatlah menarik. Dengan karakter rasa asam, manis ,pedas dan segar dengan aroma yang menggoda ini diharapkan nantinya terlahir anak yang dapat berkumpul dan bergaul dengan senyawa lapisan masyarakat , seperti halnya rasa rujak.

    ReplyDelete
  4. Pesan pendidikan ekologi dari artikel ini kita dapat mengenal bagaimana kita hidup dikalangan masyarakat. Dari artikel ini juga kita di ajak untuk tetap menanam buah buahan di daerah beriklim tropis ini dengan tanah yang subur dan keberagaman buah yang ada. Buah buah ini juga bisa menjadi sarana untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Buah buahan yang ditanam juga mengandung banyak kebaikan bagi tubuh dengan kandungan gizi yang baik.

    ReplyDelete
  5. Pesan ekologi dari artikel diatas ini adalah kita secara tidak langsung diajarkan untuk menanam buah-buahan tropis lewat tradisi rujak mitoni.

    ReplyDelete
  6. Artikel di atas sangat bermanfaat dan lebih memahami apa itu tradisi mitoni

    ReplyDelete
  7. Melalui rujak mitoni, sosialisasi sejak dini telah dilangsungkan untuk mengenal aneka buah-buahan,
    serta dapat menyesuaikan diri terhadap nilai baik dan norma baik yang berlaku dalam masyarakat.


    Nama:Anggi Listia Putri
    Kelas:XII IPS 3
    No:6

    ReplyDelete
  8. Dari artikel yang sudah saya baca mengetahui informasi tradisi mitoni. Pesan pendidikan ekologi dalam tradisi rujakan mitoni pula belangsung agar anggota masyarakat bisa menanam buah-buanan. Buah tropis mudah dalam di budidaya dan memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh masyarakat

    ReplyDelete
  9. Melalui artikel ini pengetahuan seputar tradisi dan budaya saya bertambah. Informasi mengenai masyarakat buah tropis dan rujak mitoni baru saya dapatkan melalui artikel ini. Ternyata banyak manfaat dan nilai yang dapat diambil dari rujak mitoni.

    ReplyDelete
  10. Artikel ini sangat bermanfaat bagi orang yang belum mengetehui tentang tradisi mitoni dengan adanya artikel ini orang yang belum pernah melihat atau melakukanya menjadi sedikit paham tentang kegunaan mitoni dan mengetahui tentang pesan moral mitoni

    ReplyDelete
  11. Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat sekali untuk pembelajaran tentang bagaimana kita bisa mengenal tradisi mitoni.Selaim itu kita juga tau hubungan masyarakat buah tropis terhadap rujak dalan tradisi mitoni
    Juga terdapat nilai dan norma sosialisasi yang terkandung dalam tradisi mitoni

    ReplyDelete
  12. Menurut saya artikel ini bermanfaat untuk orang - orang luar Jawa dan para generasi muda yang tidak mengetahui tentang tradisi mitoni, dengan artikel ini dapat membantu melestarikan tradisi kuno yaitu tradisi mitoni supaya tradisi ini tidak hilang sesuai perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  13. Setelah saya membaca artikel mengenal tradisi masyarakat buah tropis saya jadi tahu banyak tentang adat² apalagi acara mitoni yang tadinya tidak tau jadi tau rangkaian acara mitoni dan acara mitoni dapat membuat hubungan dengan tetangga semakin dekat.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. setelah saya baca artikel ini saya jadi lebih mengerti tentang tradisi rujak mitoni, dan dari tradisi ini juga bisa membuat mempererat silaturahmi antar warga

    ReplyDelete
  16. Setelah saya membaca artikel mengenal tradisi masyarakat buah tropis saya jadi tahu banyak tentang adat² apalagi acara mitoni yang tadinya tidak tau jadi tau rangkaian acara mitoni dan acara mitoni dapat membuat hubungan dengan tetangga semakin dekat

    ReplyDelete
  17. menurut saya artikel ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Jawa yang belum tau tentang tradisi mitoni

    ReplyDelete
  18. Setelah saya membaca artikel ini, saya jadi bisa tahu tentang tradisi mitoni bagaimana,dan menambah pengetahuan tentang tradisi-tradisi mitoni

    ReplyDelete
  19. Melalui artikel ini pengetahuan seputar tradisi dan budaya saya bertambah. Informasi mengenai masyarakat buah tropis dan rujak mitoni dan dari tradisi ini juga bisa membuat mempererat silaturahmi antar warga

    ReplyDelete
  20. Setelah saya membaca tentang artikel informasi tersebut saya dapat memahami bahwa dengan tradisi rujak mitoni dapat mempererat nilai norma sosialisasi dan masyarakat pun juga tau apa itu yang di maksud rujak mitoni.

    ReplyDelete
  21. Setelah saya membaca artikel hubungan masyarakat buah tropis terhadap rujak dalam tradisi mitoni saya jadi mengerti arti tradisi mitoni yang ada di Jawa yg dibuat dari buah buahan menjadi rujak dan ada doa untuk mendoakan si ibu dan jabang bayi. Tradisi ini juga dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan saudara maupun tetangga.

    ReplyDelete
  22. Setelah membaca artikel tentang tradisi rujak mitoni ini saya jadi paham tentang adat²acara mitoni,dan acara ini dapat mempererat hubungan kita dengan tetangga.

    ReplyDelete
  23. Dari artikel di atas sangat bermanfaat untuk memahami apa itu tradisi mitoni

    Nama:fitri amalia fatimatuzzahra
    Kelas:XII IPS 1
    No.absen:8

    ReplyDelete
  24. Dari artikel diatas saya dapat memahami apa itu rujak mitoni, filosofinya dll.
    Dan mengenal salah satu adat di Jawa. Dari rujak mitoni saya belajar nilai dan norma sosialisasi. mengetahui beberapa jenis buah tropis yang bisa diladikan rujak mitoni.

    ReplyDelete
  25. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya, karena saya dapat mengetahui tradisi mitoni dengan jelas berkat artikel ini.

    ReplyDelete
  26. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya ,karena saya dapat mengetahui tentang tradisi rujak mitoni dengan buah buahan tropis yang mempunya banyak gizi dan juga saya dapat mengetahui tentang nila moral yang terkandung di rujak mitoni

    ReplyDelete
  27. Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat karena dapat mengetahui tentang tradisi rujak mitoni, apalagi menggunakan buah buahan tropis yang mengandung banyak gizi, artikel ini juga membuat kita mengetahui nilai dan norma yang ada di tradisi mitoni

    ReplyDelete
  28. Melalui artikel ini saya jadi mengetahui lebih dalam tentang rujak mitoni. Harapan saya semoga tradisi ini dapat berkembang dan masih ada sampai masa depan nanti.

    ReplyDelete
  29. Tradisi mitoni merupakan kebiasaan mendoakan ibu yang hamil tujuh bulan.tradisi rujak mitoni dengan konsep sosialisasi lebih dini, dimana setiap anggota masyarakat yang akan lahir mendapatkan doa oleh tetangga dan keluarga dekat untuk dapat menyesuaikan diri terhadap nilai baik dan norma baik yang berlaku dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  30. dari artikel ini saya menjadi tau apa yang di maksut tradisi mitoni ini yaitukebiasaan mendoakan ibu yang sedang hamil tujuh bulan. dari kegiatan ini juga ada yang namanya olahan rujak yang terbuat dari buah-buahan segar dicampur dengan sambel ulek.

    ReplyDelete
  31. Artikel yang sangat bermanfaat yang membuat saya mengetahui lebih dalam tentang tradisi rujak mitoni dalam masyarakat Jawa. Yang di mana tradisi ini dapat mempererat hubungan antar masyarakat setempat.

    ReplyDelete
  32. artikel ini sangat bagus dan bermanfaat,dari artikel ini kita dapat tau apa itu rujak mitoni dan buah apa saja yg digunakan dalam rujak tersebut dan juga pengertian tentang tradisi mitoni

    ReplyDelete
  33. Setelah saya baca artikel tentang rujak mitoni ini sangatlah bagus,Tradisi mitoni atau memperingati tujuh bulan kehamilan, diharapkan tak sekadar budaya di masyarakat. Hal itu justru sebagai pengingat agar masyarakat memperhatikan dan mengawal ibu hamil.

    “Jadi mitoni jangan sekadar budaya. Ibu hamil memiliki tugas mulia untuk melahirkan anak. Oleh karena itu, semua orang harus menjaga. Pengawalan terhadap ibu hamil harus terus dilakukan,”


    Nama:Nita Erfin Naimah
    Kelas:XIl IPS 5
    No absen:25

    ReplyDelete
  34. Salam kenal, saya Kinanti dari kelas XI-8. Menurut saya, melalui artikel mengenai Rujak Mitoni ini, saya lebih banyak mengenal tentang macam kepercayaan dari seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan adanya ciri khas serta pesan tersirat yang penuh dengan makna, membuat siapapun yang tahu atau baru ingin tahu tentang adanya tradisi ini menjadi bangga akan keberagaman budaya yang menarik.

    Nama: Dhayu Manik Kinanti
    Kelas: XI 8
    Nomor Absen: 09

    ReplyDelete
  35. Setelah saya membaca dan memahami artikel tersebut tampak adanya hubungan tradisi rujak mitoni dengan konsep sosialisasi lebih dini.

    Tidak hanya itu saja,dengan kita mengenalkan tradisi budaya tersebut hubungan dengan masyarakat setempat pun akan menjadi lebih dekat.

    Tradisi mitoni ini dilakukan untuk memohon keselamatan, yang ditujukan kepada calon ibu dan bayinya, serta memanjatkan doa-doa agar proses bersalin berjalan dengan lancar.


    Nama:Nur Safitri
    Kelas :XII IPS 5
    Absen:27

    ReplyDelete
Previous Post Next Post