Apa Itu Cantrang???

Apa Itu Cantrang???

Penulis: Angga Bagus S*

doc, angga bagus s, 2018
Indonesia merupakan negeri yang kaya. Terdiri dari pulau-pulau dan laut. Laut indonesia cukup luas dan beraneka ragam. Ada  sekitar 2500 jenis ikan dan 500 jenis terumbu karang. Ikan banyak berkembang biak dilaut indonesia. Tidak hanya itu saja terumbu karang juga sangat beragam juga rumput laut yang dapat dikonsumsi.

Para nelayan banyak yang memanfaatkan keanekaragaman yang ada. Mereka memanfaatkannya dengan berlayar ke laut untuk mencari ikan. Kemudian ikan tersebut sebagian akan mereka konsumsi dan sebagian dijual. Sayangnya,mereka kurang perduli dengan keadaan laut. Para nelayan tak lagi menggunakan jaring yang lebih ramah lingkungan. Kini mereka beralih menggunakan cantrang untuk menangkap ikan.

Lalu apa itu cantrang? Cantrang adalah alat tangkap ikan yang ukurannya sangat besar bahkan bisa berkali-kali lipat dari besar kapal hasil tangkapan ikan juga lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan jaring. Saat cantrang dilemparkan di laut,cantrang langsung ke dasar laut. Akibatnya,semua akan ikut terbawa jaring. Bahkan terumbu karang juga bisa terbawa karena cantrang langsung menuju ke dasar laut.

Tak hanya ikan besar saja yang ikut terjaring,ikan yang berukuran kecil juga bisa ikut terjaring. Akibatnya,ekosistem laut akan terganggu dengan ulah para nelayan. Jagalah laut kita sebelum punah sisakan kekayaan ini untuk anak cucu kita kelak.

Sekian terimakasih....

* Penulis adalah Siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas XI IPS 4

Post a Comment

Previous Post Next Post