KUNJUNGAN LAPANGAN DI TASIK AGUNG REMBANG

KUNJUNGAN LAPANGAN DI TASIK AGUNG REMBANG

Penulis : Nur Zaimah Dwi Jayanti
                                               
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa , karena rahmat
dan karunia-Ny saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas sosiologi kunjungan lapangan di Tasik agung Rembang.

Tugas sosiologi tentang kehidupan nelayan dan masyarakat yang bergantung dengan alam yaitu kekayaan laut di sana.

Namun dengan penuh kesabaran , usaha , dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya tugas Sosiologi ini dapat terselesaikan .

Semoga karya tulis sosiologi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi
pedoman saat pembaca membutuhkan untuk membuat laporan kunjungan lapangan tasik agung.

Saya menyadari bahwa dalam menulis karya tulis sosiologi ini masih jauh dari kata
sempurna , untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun
guna sempurnanya karya tulis sosiologi kami ini.
Terimakasih

Pamotan,30 April 2018
Nur zaimah Dwi Jayanti

DAFTAR ISI 

HALAMAN COVER...................................................................i
KATA PENGANTAR.................................................................ii
DAFTAR ISI.............................................................................iii 
*Proses perjalanan kunjungan lapangan............................. 1
 - Pandangan hidup masyarakat nelayan..............................1
- Asal usul.................................................................................1
- Kependudukan.......................................................................1
-Pendidikan..............................................................................1
-Fasilitas Umum........................................................................2
-Pengetahuan...........................................................................2
  a. Cara membuat Perahu
  b. Cara Membuat Alat Tangkap
  c. Cara berlayar
  d . Cara Mengolah Ikan
-Pemukiman............................................................................. 3
-Permainan tradisional............................................................. 3
-Tradisi sedekah laut.................................................................3
-Sistem mata pencaharian........................................................3
-Industri yang ada.....................................................................3
-Tempat pengelolaan ikan........................................................3
-Masalah Nelayan......................................................................3
-foto saat kunjungan lapangan...............................................4
- Saran dan tujuan...................................................................5

* PROSES PERJALANAN KUNJUNGAN LAPANGAN

  Tepat pada tanggal 25 April 2018 kelas XI-IPS2 dengan kelas XI-IPS 1 melakukan kunjungan lapangan ke TPI Tasik Agung Rembang. Saat pukul 07.00 kami semua di minta oleh pak Suhadi untuk kumpul di lapangan basket . Disana kami di beri petunjuk dan pedoman saat akan melakukan kunjungan lapangan. Selama kurang lebih 1 jam kami diberiaraha oleh guru pembimbing pelajaran sosiologi . Setelah itu kami semua pergi ke Tasik agung dengan menggunakan bus dengan keadaan bus kelas XI-IPS2 yang hanya 1 itu tidak masalah buat saya karena banyak teman-teman yang tidak masuk sehingga dibuat tidak terlalu sempit dan berdesak-desakan. Kurang lebih 1 jam lamanya perjalanan kita sampai di TPI disana banyak sekali nelayan dan orang" yang bekerja .

Walaupun disana sangat identik dengan bau ikan yang menyengat itu tidak memutuskan niat kita untuk melakukan wawancara. Pak Suhadi menyuruh kita semua untuk menanyakan apa yang telah diarahkan tadi di sekolah kepada para nelayan dan masyarakat sekitar. Agar dapat menjadi pengalaman kehidupan sehari-hari masyarakat nelayan di Tasik Agung Rembang.
-> Berikut hasil wawancara saya saat melakukan kunjungan lapangan ke Tasik Agung Rembang:

* PANDANGAN HIDUP MASYARAKAT NELAYAN

  Menurut dari wawancara saya bahwa masyarakat di Tasik agung Rembang . Hampir dari 99% memilih pekerjaan sebagai nelayan maupun pekerjaan yang berbau dengan ikan seperti mengolah dan menjual ikan hasil tangkapan para nelayan. Mereka memilih pekerjaan itu dengan alasan pekerjaan itu dekat dengan rumah mereka,dan  penghasilan yang besar.

* ASAL-USUL TPI TASIK AGUNG REMBANG
   Karena banyaknya hasil tangkapan dari nelayan merupakan salah satu alasan pemerintah membangun TPI di Tasik agung Rembang. Dengan tujuan sebagai tempat pelelangan ikan , tempat mengolah ikan dan sebagainya.

* KEPENDUDUKAN MASYARAKAT NELAYAN
 Menurut dari pandangan saya penduduk di sana terjalin hubungan yang baik dan saling bekerja sama. Baik dari kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan mereka masing-masing.

* PENDIDIKAN NELAYAN
  Hampir dari seluruh masyarakat di TPI menempuh pendidikan yang rendah baik lulusan SD,SMP,SMA dan perguruan tinggi. Berdasarkan pendidikan yang di tempuh itu mempengaruhi tingkat rendah dan tinggi pekerjaan mereka. Lulusan SD-SMA hanya bekerja sebagai nelayan,pelelang,tukang kapal,dll. Lulusan perguruan tinggi bekerja sebagai orang yg mengawasi TPI di Tasik agung Rembang.

* FASILITAS UMUM
   Disana terdapat banyak fasilitas umum seperti TPI untuk mengolah ikan , TPI menjual dan membeli ikan , truk/contang untuk mengangkut ikan,kantin,mushola dan lain sebagainya. Fasilitas dikapal terdapat dapur,tempat menyimpan ikan,toilet,mesin,alat untuk menangkap ikan dll.

* PENGETAHUAN
  a) cara membuat kapal
Menurut nelayan cara membuat kapal pertama-tama membuat tulang punggung kapal dengan ketebalan 30 cm dengan lawan 25 cm dan panjang 12 m. Sama dengan membuat kapal inti menggunakan ukuran yang sama. Ketebalan badan perahu 3,5 cm. Setelah mengukur kayu untuk kapal kemudian kayu untuk membuat kapal di bakar dengan tujuan untuk membuat kayu lebih kuat dan tahan lama. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kapal selama 12 bulan atau 1 tahun . Nelayan dalam membuat kapal menggunakan kayu jati atau kayu Kalimantan . Tetapi banyak nelayan yang menggunakan kayu jati dengan alasan lebih kuat walaupun harganya mahal . Harga kapal tanpa mesin dijual dengan harga 750 juta. Kapal lengkap dengan mesin harganya 1,5 miliyar dan kapal kecil dijual dengan harga 40 juta.
      b) cara membuat alat tangkap
     Banyak nelayan yang menggunakan alat tangkap cantrang dengan alasan lebih banyak menangkap ikan dengan cepat . Dan penghasilan yang diperoleh lebih banyak .
   c) cara berlayar
      Sebelum berlayar nelayan membawa bekal berupa air bersih atau tawar untuk mandi dan memasak. Tidak hanya itu saja mereka membawa bekal makanan ,kompor, gas, pakaian, es batu untuk membuat ikan tidak busuk, dan sebagainya . Dalam berlayar untuk mengetahui letak dimana ada ikan banyak mereka menggunakan JPS untuk mencari ikan dan petunjuk arah pulang. Tanpa adanya JPS para nelayan tidak bisa mengetahui jalan pulang .
   d) cara mengolah ikan
     Banyak masyarakat yang memanfaatkan ikan untuk diolah sebagai tepung, sosis , ikan asin, ikan pindang,ikan asap dan sebagainya . Hal itu dilakukan untuk membuat ikan tidak busuk dan dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama .

* PEMUKIMAN
  Banyak masyarakat di Tasik agung letak pemukimannya dekat dengan laut dan TPI dengan alasan untuk mempermudah dalam bekerja atau mencari nafkah untuk keluarga mereka.

*PERMAINAN TRADISIONAL
 Masyarakat disana banyak melakukan permainan seperti mancing, berjalan di pinggir pantai , ngopi di pinggir pantai dan sebagainya.

* TRADISI SEDEKAH LAUT 
  Tradisi sedekah laut di desa Tasik agung Rembang memperingati dengan cara banyak yang mengadakan acara seperti ketoprak,dangdut,solawatan,wayang kulit dan sebagainya. Dengan alasan untuk mengucapkan rasa syukur atas kekayaan alam dan pendapatan yang semakin baik masyarakat di sana.

*SISTEM MATA PENCAHARIAN
  masyarakat disana banyak yang bekerja sebagai nelayan dan berbau dengan ikan  hampir semua dari mereka bekerja di laut hanya sedikit dari mereka yang bekerja sebagai pedagang makanan dan sembako.  Mereka memilih pekerjaan itu dengan alasan pendapatan yang banyak dan melimpah.

* INDUSTRI YANG ADA
  industri disana banyak sekali seperti pengolahan ikan di perumahan seperti ikan pindang,ikan asap dll . Tidak hanya industri itu saja ada warga yang rumahnya dibuat sebagai tempat jual beli ikan besar maupun ikan kecil".

* TEMPAT PENGOLAHAN IKAN
  Lokasi atau tempat pengolahan ikan di perumahan dekat TPI maupun dekat dengan laut . Dengan alasan ikan yang diolah mereka segar dan rasanya enak.

* MASALAH NELAYAN
   Masalah yang dihadapi nelayan yaitu saat cuaca tidak membaik itu berdampak bagi nelayan untuk mencari ikan . Dalam keadaan cuaca hujan nelayan yang mempunyai kapal yang tidak besar mereka tidak dapat berlayar dengan alasan takut terjadi bahaya di tengah laut nanti. Kalau kapal besar masalah saat cuaca hujan yaitu sulit untuk mengetahui keberadaan ikan itu.



" FOTO SAAT KUNJUNGAN LAPANGAN"

TUJUAN DAN SARAN
-- TUJUAN
 dilakukannya kunjungan lapangan itu untuk menambah pengetahuan tentang kehidupan nelayan di Tasik agung Rembang dan mengetahui bagaimana sulitnya dalam mencari nafkah .
- SARAN
  saran saya untuk nelayan yaitu menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan,menjaga lingkungan sekitar TPI agar tetap bersih dan lain-lain . 

Post a Comment

Previous Post Next Post