Laporan Lapangan Masyarakat Nelayan Tasik Agung

Laporan Lapangan Masyarakat Nelayan Tasik Agung




Rabu,25 april 2018
Disusun oleh : Dyo Saginata A

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-nya sehingga penyusunan berjallan dengan baik.
Laporan ini berisikan laporan individu penelitian masyarakat nelayan desa tasik agung, tentang kelautan masyarakat nelayan desa tasik agung rembang. Di harapkan laporan ini dapat membantu pembaca agar menambah wawasan literasi pembaca.

DAFTAR ISI
A. Proses perjalanan kunjungan lapangan
B. Keadaan
C. Informasi
D. Masalah
E. Solusi

1.Proses perjalanan kunjungan lapangan

Kamis pagi tgl 25 april 2018 melaksanakan kunjungan lapangan di desa tasik agung. Sebelum pemberangkatan pak suhadi mengumpulkan semua siswa siswi di lapangan untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing, semua siswa menuju ke Bis untuk menuju ke desa tasik agung. Setelah sampai di desa tasik agung semua siswa menuju ke TPI untuk berwawancara kepada karyawan TPI.
Setelah selesai berwawancara kita menunggu kedatangan bis untuk kembali menuju SMA N 1 PAMOTAN. Sesudah sampai di SMA semua murid kelas XI ips 1 di suruh bapak suhadi untuk mengumpulkan tugas ini.

2.Keadaan

Keadaan di TPI banyak karyawan menurunkan ikan dari kapal dan adanya jual beli ikan.di TPI tempat keadaan lingkungannya kotor dan bau.

Di TPI juga banyak kapal untuk persiapan berangkat berlayar.


Seperti gambar di bawah ini.

Persiapan keberangkatan kapal berlayar.

Es untuk pengawet ikan.

Pemasokan dan pembeli.

Proses pemindahan es dari truk ke kapal.

3.Informasi.

Informasi yang saya dapat dari mewawancarai pak Bakri yang bertugas di lapangan. Hasil ikan yang di tangkap oleh nelayan dengan menggunakan alat cantrang.

Menurut penduduk sekitar dengan adanya pelabuhan ini menjadikan penghasil bertambah bagi pekerja di daratan yang ada di sekitar pelabuhan.

Pekerja di mulai dari pukul 6 pagi saampai 10-11 siang.ikan untuk di jual, untuk kebutuhan sehari-hari narik cantrang 1200m.
Kapal memiliki GT yang beda untuk kapal besar mempunyai daya tampung baalok es sekitar 70 – 80 ton. Sedangkan kapal kecil 10 – 15 ton. Kapal kecil dan kapal besar memiliki perbedaan berlayar, sedangkan kapal besar berlayar di samudra atau tengah-tengah lautan, sedangkan kapal kecil hanya hanya dekat yang berjarak perkiraan 12-13 mil.

4.Masalah.

Bau dari ikan sangat mengganggu penjual, pembeli, dan masyarakat sekitar. TPI juga tercemar plastik botol kayu yang menghambat di selokan. Dan pada akhirnya air selokan tidak berjalan dengan lancar dan menghasilkan bau yang tidak sedap. Bukan hanya TPI saja yang tercemar laut juga tercemar.

5.Solusi

MasyarakatMengadakan gotong royong di tempat TPI untuk membersihkan kotoran atau sampah-sampah yang tersumbat di selokan. Dan menbersihkan tong sampah supaya tidak berserakan dan tidak mengganggu aktifitas pembeli, penjual, dan aktifitas masyarakat.

Post a Comment

Previous Post Next Post