Contoh Laporan Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran – X8
Cover
Kata pengantar
Abstrak/sari
Daftar isi
Latarbelakang
Budaya makanan Indonesia dibentuk oleh beberapa faktor seperti alam, sejarah, dan budaya. Menurut Soemardjan (1985) perkembangan gaya kuliner kita dipengaruhi oleh budaya lokal, agama dan perdagangan. Dengan keanekaragaman geografis dan budaya yang sangat besar di Nusantara, terbukti masakan Indonesia kaya akan variasi dan rasa. Karena beragamnya jenis dan gaya kuliner di Indonesia, sulit untuk menentukan makanan mana yang bisa dipilih untuk mewakili Indonesia secara keseluruhan.
Pada tahun 2012 Pemerintah Indonesia meluncurkan Tumpeng sebagai ikon makanan tradisional Indonesia (Kemenparekraf RI, 2012) karena dapat mewakili budaya dan cara hidup masyarakat Indonesia melalui bahan, warna,bentuk dan teknik penyajiannya. Tumpeng adalah makanan berbahan dasar nasi berbentuk kerucut yang biasa disajikan dengan lauk seperti sayuran, daging, ayam, dan telur dalam upacara adat Jawa. Dalam khasanah Jawa, ragam tumpeng dapat dikenal mulai dari tumpeng kuning (kuning), putih (putih), robyong, gundhul, kencana, ropoh, bango tulak, panggang, dhuplak, kendhit, megono, urubing damar dan pangkur (Amangkunegara, 1986).
Salah satu khasanah tumpeng yang belum banyak dikenal secara luas adalah Tumpeng Pesisiran. Tumpeng ini tidak melulu didominasi ornamen gunungan dan berlauk daging dari hewan yang hidup di darat. Tumpeng pesisiran adalah tumpeng dengan gaya orang pesisir yang berdaulat dengan lauk dari hewan yang hidup di air laut atau tambak, dan sayuran dari tanaman pantai.
Melalui tumpeng, dapat dijadikan simbol persatuan sosial (Radix, 2014) dalam merajut kenusantaraan dengan tetap daulat gizi seimbang (Soekirman, 2011). Harapan kedepan, Tumpeng Pesisiran dapat gunakan untuk ruang dialog dalam pemajuan desa-desa di Kawasan Pesisir melalui kuliner yang ikonik dan ke-Indonesia-an.
Sehubungan dengan hal tersebut, tumpeng pesisiran memiliki keunikan dari sisi objek maupun subjek. Dari sisi objek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada materi makanan yang didalamnya mengandung nutrisi seimbang yang diperlukan untuk asupan gizi setiap orang. Dan dari sisi subjek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada ketersediaan bahan, proses membuatnya, hingga kegiatan sosial-tradisi yang berdampingan. Dengan keunikan tersebut, tumpeng pesisiran menjadi menarik ketika digunakan untuk objek dan subjek penelitian sosial.
Rumusan masalah
Berdasar studi awal pendahuluan tentang tumpeng, masalah dalam penelitian kali ini tentang para siswa memahami dan mempraktikkan materi penelitian sosial melalui tumpeng pesisiran. Dengan demikian maka rumusan masalah dalam pembelajaran ini adalah bagaimana membuat tumpeng pesisiran. Rumusan pertanyaan ini kemudian di turunkan menjadi beberapa pertanyaan sebagai berikut.
a. Apa dan dari mana bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat tumpeng pesisiran?
b. Bagaimana proses membuat tumpeng pesisiran?
c. Dari dua pertanyaan turunan tersebut, diharapkan siswa juga dapat merambah pada model rekayasa pemajuan desa dengan tumpeng pesisiran?
Tujuan penelitian
Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian sosial tersebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut;
a. Untuk mengetahui apa dan dari mana bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat tumpeng pesisiran.
b. Untuk mengetahui bagaimana proses membuat tumpeng pesisiran.
c. Untuk mengetahui model rekayasa pemajuan desa dengan tumpeng pesisiran.
Manfaat penelitian
Kajian pustaka
Tulisan ini berisikan kajian awal tentang tumpeng pesisiran, atau tepatnya tentang tumpeng itu sendiri. Tulisan ini dibangun dari kajian dokumen yang telah tersebar di ragam jurnal dalam dan luar negeri. Dari kumpulan dokumen kajian tumpeng tersebut kemudian diolah sedemikian rupa dalam rangka memvisualkan secara deskriptif tentang apa itu tumpeng, makna tumpeng, relasi tumpeng dengan media pembelajaran ilmu pengetahuan, media tumpeng untuk komoditi sosialisasi program pemerintah, serta diskursus tumpeng untuk kesejahteraan sosial. Akhir dari tulisan ini tidak lain adalah untuk mengajak para pembaca untuk berekspresi dalam konteks sosiologis tentang apa dan bagaimana aksi sosial kita dalam berinteraksi dengan tumpeng yang telah menjadi ikon kuliner nusantara.
Lestari (2016) dalam tulisannya yang berjudul Nasi Tumpeng, A Way To Convey The Message Through Meaningful Signs. International Review of Humanities Studies, memaparkan dengan apik tentang bagaimana mengenal tumpeng dari cerita tutur. Ada banyak pendapat tentang kata tumpeng. Ada yang berpendapat bahwa tumpeng berasal dari kata tumpeng berasal dari tumumpang ing… dan sakkupeng ing…. Kata tumumpang ing… mengacu pada nasi berbentuk kerucut yang berada di atas sedangkan sakkupeng ing… mengacu pada lauk pauk yang ada di sekitar nasi berbentuk kerucut (Lestari, 2016:41).
Dalam hal bentuk, Rodhi (2007) menginformasikan bahwa setiap tumpeng terdiri dari tumpeng kerucut dan tumpeng parabolik. Namun menurut Alfajria & Sudjudi (2015) bentuk tumpeng tidak selalu demikian, dimana tumpeng selalu muncul dalam beragam bentuk dan kelengkapan. Keragaman bentuk tumpeng inilah, menurut Sugiman (2019) telah menjadi ekspresi nilai estetika masyarakat Jawa dalam menghias makanan.
Makna tumpeng kerapkali dihubung-hubungkan dengan ruang kebatinan masyarakat Jawa. Makna klasik yang melangit itu kemudian tidak mudah dijangkau oleh generasi muda. Beberapa studi tumpeng yang berhubungan dengan makna klasik dapat dilihat pada studi Sutiyono (1998) dan Rondhi (2007). Menurut Sutiyono (1998:2) tumpeng dan gunungan dalam kebudayaan masyarakat Jawa menjadi simbol dari berbagai fenomena, antara lain keselamatan, kedamaian, dan keseimbangan alam. Begitu halnya dengan Rodhi (2007) Ia memaknai tumpeng dalam sudut pandang alam kebatinan seks orang Jawa. Menurut Rodhi, makna tumpeng kerucut adalah simbolisasi dari kelamin laki-laki (kerucut) dan tumpeng parabolik merupakan simbolisasi dari perut atau rahim seorang perempuan. Hal senada juga disampaikan Suparman (2019:75) dimana tumpeng masih digunakan untuk dipersembahkan kepada pasangan pengantin saat ritual suci keagamaan. Bahkan dalam studi terbaru yang dilakukan Fitriana (2021) tumpeng juga masih direpresentasikan dengan ritual peneguhan mereka pada roh yang telah menjaga desa. Sulastri & Apriyani (2021) tumpeng masih digunakan struktur sosial sebagai alat pengesahan pranata pranata dan lembaga kebudayaan, sebagai alat pendidikan (pedagogical device), dan sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota.
Penelitian-penelitian tentang tumpeng ternyata tidak sebatas pada kajian makna saja. Beberapa peneliti telah mengkaji hubungan tumpeng dengan kajian ilmu pengetahuan yang lain. Penelitian tumpeng yang berhubungan dengan kajian ilmu pengetahuan dapat dilihat dari penelitian tumpeng juga dihubungkan dengan potensi dan pengenalan tempat tinggal. Studi tersebut dapat dilihat pada Lestari (2016) dimana ia telah memaparkan bahwa pesan yang bisa ditangkap dari sebuah tumpeng adalah tentang lokasi tempat tinggal mereka. Melalui tumpeng, mereka mencoba mengungkapkan bahwa ada dua dunia, darat dan laut yang dapat memenuhi kebutuhan pangan manusia. Masyarakat menyadari bahwa lokasi yang sangat strategis dan bermanfaat. Masyarakat perlu menjaga lingkungan hidup sekaligus menjaga Kesehatan. Masyarakat melihat bahwa mereka bisa tidak hidup sendiri sehingga harus menjaga kesadaran sosial terhadap masyarakat dan lingkungan, sebagai klimaks untuk menyampaikan pesan hubungan manusia dan pencipta.
Penelitian tumpeng yang cukup maju juga telah dilakukan oleh Thamrin, Santoso & Prayitno (2017:12), Ferdiana & Nasir (2017), dan Kurnia, Susilo & Mardiana (2018) dimana penelitian tersebut sepakat bahwa tumpeng telah digunakan ikon simbolik untuk pendidikan gizi anak yang terbukti mampu mempengaruhi anak dalam pengenalan gizi Seimbang terhadap pengetahuan gizi dan pola makan anak. Masih dalam tema penelitian tumpeng untuk pengembangan ilmu pengetahuan, hal menarik juga dapat dilihat pada penelitian yang dilakukan Himmah dkk (2019) dimana bahan, bentuk, dan aktivitas tumpeng dapat ditransformasikan dalam abstraksi matematika etnis. Sebuah terobosan yang menarik untuk dikembangkan.
Dalam penelitian Alfath dan Permana (2016:168) tumpeng memiliki tiga dimensi dalam pemanfaatannya. Pertama, tumpeng pelestarian tradisi dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Kedua, tumpeng untuk promosi pariwisata setelah menurunnya jumlah wisatawan setelah letusan tahun 2014. Ketiga, tumpeng untuk media komoditas politik teritorial terkait dengan sengketa dengan wilayah. Hal senada juga dapat dilihat penelitian yang dilakukan Rusdiana (2019) yang telah melangkah lebih jauh tentang pemaknaan fungsi tumpeng, dimana tumpeng telah digunakan untuk sumber ide penciptaan motif batik untuk busana pesta wanita. Terlebih penelitian yang dilakukan Siregar (2018:378) dan Putra, Kartini, & Dewi (2020:98) tumpeng telah dijadikan media dalam program pemberdayaan masyarakat miskin, dimana kelompok masyarakat mendapatkan pendampingan membuat tumpeng untuk dipasarkan secara luas guna meningkatkan kesejahteraan kelompok sosial yang rawan.
Walaupun demikian, reaksi keras terhadap kecemasan tersingkirnya kuliner tradisional telah disampaikan oleh Krisnadi (2020:39) dalam penelitiannya yang berjudul Tumpeng in The Era Of Globalization. Krisnadi mencoba mengembalikan ingatan kita tentang tumpeng yang selalu dihidangkan pada acara merayakan hari ulang tahun, syukuran, yang bersifat non-formal maupun formal. Namun di era globalisasi dalam bidang kuliner dengan masuknya kuliner tradisional dari negara Asia, Timur Tengah, dan Barat ketenaran kuliner asing tersebut telah berhasil menggeser kedudukan tumpeng sebagai kuliner tradisional dan identitas bangsa. Melalui penelitiannya tersebut, Ia mengajak kita semua untuk bagaimana caranya dalam membangkitkan ketenaran dan kesakralan tumpeng di masa lalu, kepada masyarakat khususnya generasi muda, dan menanamkan rasa bangga dan mencintai tumpeng sebagai kuliner tradisional Indonesia. Hal demikian juga senafas dengan pandangan Setyonugroho (2020) tentang apa dan siapa saja yang ada di desa harus memiliki visi untuk kemajuan desanya. Hanya saja Krisnadi dan Setyonugroho belum memberi resep tentang langkah-langkah strategis apa yang dilakukan agar tumpeng menjadi pilihan kuliner yang tidak lekang oleh generasi zaman. Kajian yang terkesan lebih maju dalam hal menggunakan produk kearifan lokal untuk pemajuan desa terlihat telah dilakukan oleh Hermansah (2021) dimana Ia dengan tegas memilih jalan daya sosial dan budaya dapat digunakan untuk memajukan desanya. Namun ketegasan Hermansah belum disertai dengan bagaimana skema yang apik dalam menyusun rekasayasa pemajuan kebudayaan desa melalui tumpeng. Lantas bagaimana dengan reaksi kalian?
Budaya makanan Indonesia dibentuk oleh beberapa faktor seperti alam, sejarah, dan budaya. Menurut Soemardjan (1985) perkembangan gaya kuliner kita dipengaruhi oleh budaya lokal, agama dan perdagangan. Dengan keanekaragaman geografis dan budaya yang sangat besar di Nusantara, terbukti masakan Indonesia kaya akan variasi dan rasa. Karena beragamnya jenis dan gaya kuliner di Indonesia, sulit untuk menentukan makanan mana yang bisa dipilih untuk mewakili Indonesia secara keseluruhan.
Pada tahun 2012 Pemerintah Indonesia meluncurkan Tumpeng sebagai ikon makanan tradisional Indonesia (Kemenparekraf RI, 2012) karena dapat mewakili budaya dan cara hidup masyarakat Indonesia melalui bahan, warna,bentuk dan teknik penyajiannya. Tumpeng adalah makanan berbahan dasar nasi berbentuk kerucut yang biasa disajikan dengan lauk seperti sayuran, daging, ayam, dan telur dalam upacara adat Jawa. Dalam khasanah Jawa, ragam tumpeng dapat dikenal mulai dari tumpeng kuning (kuning), putih (putih), robyong, gundhul, kencana, ropoh, bango tulak, panggang, dhuplak, kendhit, megono, urubing damar dan pangkur (Amangkunegara, 1986).
Salah satu khasanah tumpeng yang belum banyak dikenal secara luas adalah Tumpeng Pesisiran. Tumpeng ini tidak melulu didominasi ornamen gunungan dan berlauk daging dari hewan yang hidup di darat. Tumpeng pesisiran adalah tumpeng dengan gaya orang pesisir yang berdaulat dengan lauk dari hewan yang hidup di air laut atau tambak, dan sayuran dari tanaman pantai.
Melalui tumpeng, dapat dijadikan simbol persatuan sosial (Radix, 2014) dalam merajut kenusantaraan dengan tetap daulat gizi seimbang (Soekirman, 2011). Harapan kedepan, Tumpeng Pesisiran dapat gunakan untuk ruang dialog dalam pemajuan desa-desa di Kawasan Pesisir melalui kuliner yang ikonik dan ke-Indonesia-an.
Sehubungan dengan hal tersebut, tumpeng pesisiran memiliki keunikan dari sisi objek maupun subjek. Dari sisi objek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada materi makanan yang didalamnya mengandung nutrisi seimbang yang diperlukan untuk asupan gizi setiap orang. Dan dari sisi subjek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada ketersediaan bahan, proses membuatnya, hingga kegiatan sosial-tradisi yang berdampingan. Dengan keunikan tersebut, tumpeng pesisiran menjadi menarik ketika digunakan untuk objek dan subjek penelitian sosial.
Metode penelitian
Kegiatan Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran ini dilakukan pada;
Hari/ Tgl : Rabu Kliwon, 15 Maret 2023
Pukul : 07.00 s.d 13.30 wib
Tempat Penelitian : Rumah Warga Dasun
Tempat Presentasi : Gedung Serbaguna Dasun
Peserta : Siswa Kelas X sejumlah 288 orang atau 32 kelompok
Panduan Pengamatan
● Mengamati aktivitas keseharian masyarakat yang kamu kunjungi mulai dari pagi, siang, dan malam ( fokusnya masyarakat Dasun )
● Mengamati alat yang digunakan masyarakat dalam melakukan aktivitas keseharian.
● Mengamati produk unggulan apa yang dimiliki masyarakat.
Panduan Wawancara
● Menanyakan asal usul masyarakat yang dikunjungi
● Menanyakan asal-usul atau sejarah masyarakat yang kamu kunjungi.
● Menanyakan aktivitas keseharian masyarakat yang kamu kunjungi.
● Menanyakan alat-alat yang digunakan masyarakat dalam aktivitas kesehariannya.
● Menanyakan apa saja produk unggulan masyarakat yang kamu kunjungi.
● Menanyakan asal usul tradisi tumpengan ada di masyarakat.
● Menanyakan rempah apa saja yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.
● Menanyakan dari mana resep rempah didapatkan.
● Menanyakan bagaimana bentuk dan karakteristik rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.
● Menanyakan dari mana mendapatkan rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.
● Menanyakan mengapa menggunakan rempah tersebut, dan apa fungsinya dalam makanan.
● Menanyakan rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran
● Menanyakan bahan daging hewan yang hidup di darat.
● Menanyakan bahan daging yang hidup di air.
● Menanyakan sayuran yang digunakan.
● Menanyakan jenis tumpeng yang dibuat (tumpeng kuning/ tumpeng putih).
● Menanyakan cara membuat tumpeng nasi kuning.
● Menanyakan cara membuat tumpeng nasi putih.
● lauk pauk yang digunakan.
● Menanyakan bahan-bahan yang digunakan memasak lauk-pauk.
● Menanyakan cara memasak lauk pauknya.
● Menanyakan cara menata tumpeng.
● Menanyakan tempat sajian tumpeng yang digunakan.
● Menanyakan pada acara apa warga membuat tumpeng.
● Menanyakan bagaimana prosesi tumpengan berlangsung.
● Menanyakan apa yang dirasakan warga pada saat membuat tumpeng.
● Menanyakan apa yang dirasakan warga setelah tumpengan.
● Menanyakan apa yang dirasakan warga ketika tidak melakukan tumpengan.
● Menanyakan apakah tradisi tumpeng masih ada sampai sekarang.
● Menanyakan apakah terjadi perubahan perubahan menggunakan tumpeng pada saat acara tertentu.
● Menanyakan apakah terjadi perubahan bahan dan cara memasak tumpeng.
● Menanyakan apakah terjadi perubahan tampilan tumpeng.
● Menanyakan apakah ada warga yang ingin mengubah atau menghilangkan tradisi tumpengan.
● Menanyakan apakah terjadi penolakan dalam menggunakan tumpeng.
● Menanyakan masa depan tumpeng pesisiran.
Hasil penelitian
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Haii Haii Semuanyaaa, salam kenall yaaa, Kami dari Kelompok 32 Kelas X.8
Alhamdulillah, SMA Negeri 1 Pamotan sukses melaksanakan kegiatan Learning Tour Tumpeng Pesisiran di Desa Dasun Kecamatan Lasem.
Di sini kami tidak hanya berjumlah 9 orang, melainkan ada Guru serta Warga yang mendampingi kita yaitu ada Bu Sri Lestari (kerap dikenal dengan Bu Tari) dan Bu Nurul Hasanah.
M. Affreza Rivaldianto
Wenak lurr madang geden
M Adieb Nur Fu’ad
Wes pokoke seneng🤘🏻
Bintang Daffa S F
Semoga kedepannya lebih maju dan sukses
Neisya Ramadhani
Dari mulai Semester satu, Bu Indarti sudah memberi gambaran tentang Learning Tour yang akan kita lakukan besok di semester dua. Dari awal, saya dan teman-teman sangatttt begituu excited akan hal ini. Bisa dibilang kita sudah menyiapkan planning apa saja yang akan kita lakukan disana. Mendapat kabar tentang ini, “Anak-anak kalian disana tidak jadi menginap yaa”
DEG.....
Kalo kata saya dan teman teman “ATIKU RASANE REMOOK”, sepele boskuuu tapi nyakitin. Yang awalnya begitu excited, jadi terasa hampa akan kabar ini. Hari sebelum berangkat,kita mendapat pengarahan tentang apa saja yang akan kita lakukan besok, dari mulai pengambilan dokumentasi, wawancara, dll.
Dihari itu juga, kita sudah diberi tahu bahwa datang ke sekolah paling lambat pukul 06.45 WIB, kalo tidak akan ditinggal.
SEDANGKAN, SAYA JAM SEGITU BERSAMA TEMAN TEMAN SUDAH DILAPANGAN :’
Dari mulai sambutan dari Kepala Sekolah, Berdoa dipimpin oleh Pak Khamid, berfoto ria sebelum berangkat serta menaiki Bus menuju kesana TERNYATA SEBAHAGIA ITU. Teman-teman sangatt happy sekalliieeeee, banyak dokumentasi yang saya ambil waktu itu (kebanyakan video untuk akun kelas kita) Ternyata,saat memasak bersama Bu Nurul selaku Pendamping Warga beliau sangatt baikk sekaliiiiii. Membantu , memberi tahu kita, banyak pelajaran cara memasak yang saya dapat.
PALINGG SEBBBEELLL SIHHH INIIII, waktu jam makan tumpeng ternyata tidak secepat itu.
Sambutannya terlalu panjanggg dan lama:’ , UNTUNGNYA waktu kelompok saya memasak nasi beserta lauknya lebih banyak HAHAHA. Alhasil kita bisa memakan itu dulu, sebelum akhirnya makan tumpeng.
FOR THE LAST, LEARNING TOUR KALI INI SANGAT SANGAT SANGAT MENYENANGKAN.
Banyak pembelajaran yang kita dapat, dari mulai cara memasak/membuat tumpeng, cara bersosialisasi dengan warga setempat, cara mengatur ego agar tidak terjadi pertengkaran saat berkelompok, dan masih banyak lagii.
TERIMA KASIH SMA NEGERI 1 PAMOTAN
Nur Azizah
aga sedikit kecewa, tp gpp aku tetap bahagia
Nur Fadhilah
Pada hari itu banyak kenangan menarik dengan adanya acara learning tour bisa berinteraksi dengan warga Dasun sangat senang adanya kegiatan learning, ya semoga kedepannya makin makin TOP daripada sebelumnya
Salsabila Febie Andana
Saya sangat senang bisa mengikuti Leaning Tour ke Desa Dasun,
semoga kedepan nya lebih sukses dan maju
Dan semoga ada leaning tour season 2
Dwi Febriyanti
BAHAGIAA POLLLL
Zulfa Faridatun Nafi'ah
Cukup menyenangkan juga karena bisa merasakan kerja sama sesama tim/Kelompok yang sedikit menguras tenaga dan dapat berinteraksi langsung dengan ibu pendampingnya cara untuk membuat tumpeng dan menghias Tumpeng dengan baik, itu sangat mengesankan bagi saya ibunya asik dan teman teman juga asik membuat tumpeng nya.
Untuk mengawali kegiatan Tumpeng Pesisiran ada sambutan dari Pak Suhadi beserta Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pamotan yaitu Bapak Soepartono. Kita diberi pengarahan bagaimana sikap kita saat bertamu, mencari ilmu, dan lain-lain. Sebelum berangkat, alangkah baiknya kita awali dengan do'a bersama yang dipimpin oleh Pak Nur Khamid serta pembagian Bus oleh Pak Wardi. Kebetulan kelas X.8 mendapatkan Bus Ban Double haha
Perjalanan menuju Desa Dasun, sebelum itu ada kejadian yang tak terduga yaitu anak Kelas X.8 salah masuk Bus
Ternyata bus yang kita tumpangi adalah Bus milik kelas X.3
HADUEHHHHHHH
tidak apa-apa, walaupun begitu perjalanan kita terasa begitu bahagia dengan suasana angin sepoi sepoi serta perbincangan yang luar biasa randomnya HAHAHA
Setelah sampai dan berkumpul di lapangan Desa Dasun, kita dipertemukan dengan warga yang nantinya akan mendampingi masing-masing kelompok.
Jika rumah Pendamping jauh akan diantar menggunakan Bis yang kita tumpangi sebelumnya. Dikarenakan kelompok kami rumahnya jauh dari lapangan, alhasil kita menggunakan bis agar cepat sampai tujuan.
Potret alat dan bahan-bahan yang kita gunakan, untuk menu kali ini kita membuat Sambel Goreng Tempe, Urap, Oseng-Oseng Bihun, Bandeng Goreng Presto, dan Dempel Udang.
Potret saat memasak Tumpeng, tidak hanya memasak beberapa anak dari kelompok kami ada yang membuat pager serta hiasan yang nantinya ditaruh ditumpeng tersebut. Saat pembuatan tumpeng berlangsung, terjadi kecelakaan kecil yaitu salah satu anak yang tergores pisau. Tapi tidak apa-apa.
Proses pembuatan Tumpeng terus berlanjut hingga semua bahan siap untuk ditiriskan dan ditata.
Protret saat menghias tumpeng, disini kita juga mencari referensi dari YouTube maupun Google agar tumpeng yang kita buat menarik untuk dipandangg, hehe
Potret tumpeng hasil dari Kelompok 32 Kelas X.8 siap untuk dipresentasikan
Tak lupa, kita berfoto ria dengan Bu Nurul Hasanah, Si Mbah dan Bu Tari tentunya yang sudah mendampingi kita dalam proses pembuatan Tumpeng Pesisiran kali ini
Potret saat perjalanan menuju Gedung Pertemuan menggunakan Pick Up l300, menikmati panasnya matahari serta angin sepoi-sepoi
Telah sampailah kita di Gedung Pertemuan, disini kita nggak cuma makan Tumpeng hasil buatan kita. Tapi ada juga penilaian dari Bapak TNI, Kapolres, Guru-Guru dari sekolah kita dan masih banyak lagi juri yang menilai tiap-tiap tumpeng.
Beberapa sambutan-sambutan kita dengarkan, bisa dibilang agak lamaa:"
Kita sangat sangat sangat sudah lapar huhu, untungnya Ibu Pendamping kita sangatlah paham dengan keadaan kita. Dikarenakan waktu masak, ada nasi serta lauk pauk yang tersisa. Alhasil kita makan bekal kita terlebih dahulu sebelum pada akhirnya kita memakan Tumpeng.
Setelah makan, kita beres-beres barang serta melipat tikar yang telah kita gunakan sebelumnya.
Pulang dengan keaadaan Kenyang SANGATLAH BAHAGIA SEJAHTERA, hehe
CINEMATIC DOKUMENTER
FILM DOKUMENTER
Beberapa foto saat proses pembuatan hingga penyajian berlangsung
https://drive.google.com/drive/folders/1NhBRuk4n9acM1Hcso_qC2xTs1HPn-vz0?usp=share_link
Alhamdulillah, untuk kegiatan kali ini berjalan dengan lancar tanpa ada suatu kendala apapun itu.
Semoga kedepaan SMA Negeri 1 Pamotan lebih kreatif lagi mengadakan kegiatan seperti Learning Tour . Jaya dan Maju terus SMA Negeri 1 Pamotan
Pengalaman adalah guru yang terindah.
Jalan jalan ke amerika
Pulangnya beli goodtime
Terimakasih atas perhatian anda
And see you next time
Pembahasan
Simpulan
Penutup
Daftar Pustaka
Alfajria, N., & Sudjudi, I. (2015). Ensiklopedia tumpeng. Visual Communication Design, 4(1), 180630.
Alfath, E. D., & Permana, Y. S. (2016). Festival 1000 Tumpeng: Komodifikasi tradisi, pariwisata, dan ‘territoriality’di Gunung Kelud The Festival of 1000 Tumpeng: Commodification of tradition, tourism, and ‘territoriality’in Kelud Mountain. Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik, 29(4), 169-180.
Amangkunegara III. (1986), Serat Centhini (Suluk Tambangraras) Jilid II, Yayasan Centhini, Yogyakarta.
Cahyono, A. E. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Authentic Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jember. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 5(1), 1-13.
Ferdiana, S., & Nasir, M. (2017). Penerapan Media Tumpeng Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Siswa Kelas 5-6 di SDN 11/262 Semolowaru. Infokes, 7(02), 17-21.
Fitriana (2021). Tumpeng Sewu Culinary Festival in Rituals of Bersih Desa Kemiren as Tourism Object 2015-2019. Jurnal Historica Vol 5 No 1.
Hermansah, Angga. (2021). Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun. Yogyakarta: Lintas Nalar
Himmah, F., Monalisa, L. A., Pambudi, D. S., & Trapsilasiwi, D. (2019). Ethnomathematics Of Tumpeng And Banyuwangi Tumpeng Sewu Rituals As Students’ Worksheets. Pancaran Pendidikan, 8(1).
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (2012), “Nasi Tumpeng Dipilih Menjadi Andalan Ikon Kuliner Tradisional Indonesia”, tersedia di: www.travel.detik.com/travel-news/d-2124932/nasi-tumpeng-jadi-pendorong-wisata-kuliner-indonesia (diakses 03 Maret 2023).
Krisnadi, A. R. (2020). Tumpeng Dalam Kehidupan Era Globalisasi Tumpeng In The Era Of Globalization. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 1(2).
Kurnia, A. R., Susilo, M. T., & Mardiana, M. (2018). Developing Balanced Nutrition Snakes and Ladders as Educational Media for Balanced Nutrition Tumpeng on Elementary School Student. Jurnal Dunia Gizi, 1(2), 65-70.
Lestari, N. S. (2016). Nasi Tumpeng, A Way To Convey The Message Through Meaningful Signs. International Review of Humanities Studies, 1(1).
Mustikarani, W., & Ruhimat, M. (2018). Kelemahan dan Keunggulan Implementasi Authentic Assessment dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 147-153.
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2020). Pelatihan Pembuatan Tumpeng Upakara sebagai Upaya Peningkatan Omset UKM Adi Upakara. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 93-98.
Radix AP Jati, I. (2014). Local wisdom behind Tumpeng as an Icon of Indonesian Traditional Cuisine. Nutrition & Food Science, 44(4), 324-334.
Rondhi, M. (2007). Tumpeng: Sebuah Kajian dalam Perspektif Psikologi Antropologi. dalam Jurnal Imajinasi, 3 (1).
Rusdiana, E. Y. (2019). TUMPENG ROBYONG SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BUSANA PESTA WANITA. Ornamen, 16(1).
Setyonugroho, Exsan Ali. (2020). DASUN Jejak Langkah Dan Visi Kemajuannya. Yogyakarta: CV Lintas Nalar
Siregar, O. M. (2018). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Kelompok Keluarga Miskin Untuk Menambah Penghasilan Melalui Pelatihan Pembuatan Tumpeng Mini Di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Medan. Abdimas Talenta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 378-382.
Soekirman (2011), “Mengambil sejarah gizi Indonesia untuk melompat menuju generasi masa depan yang lebih baik: pengembangan pedoman gizi Indonesia”, Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, Vol. 20 No.3, hlm.447-451.
Soemardjan, S. (1985), “Pengaruh Budaya Terhadap Pangan Dan Gizi: Kasus Indonesia”, dalam Biswas, N. dan Pinstrup-Andersen, P. (Ed), Nutrition and Development, Oxford University Press, Oxford, hlm.163-181.
Sugiman. (2019). Nilai Estetika Tumpeng Jawa. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 22(1). https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v22i1.21
Sulastri, Y., & Apriyani, T. (2021). Tradisi Kepungan Tumpeng Tawon Desa Mangunweni Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen: Kajian Folklor. MIMESIS, 2(2), 138-146.
Suparman, I. N. (2019). BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA TRADISI NGEJOT TUMPENG. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 75-85.
Sutiyono, S. (1998). Tumpeng Dan Gunungan: Makna Simboliknya Ipa1, lkm Kehidupan Masyarakat Jawa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2).
Thamrin, H., Santoso, S., & Prayitno, A. (2017). Pengaruh Media Puzzle Tumpeng Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi dan Pola Makan Anak Taman Kanak–Kanak. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 1(1), 12-23.
Utami, B. (2009). Pengaruh strategi peta konsep dan diagram vee terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga yang diukur dengan authentic assessment (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Wardah, F. (2018). Pengembangan instrumen authentic assessment berupa penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Wijaya, S. (2019). Indonesian food culture mapping: a starter contribution to promote Indonesian culinary tourism. Journal of Ethnic Foods, 6(1), 1-10.
Winasis, S. (2010). Penerapan metode student teams achievement divisions (stad) disertai authentic assessment untuk meningkatkan partisipasi dan penguasaan konsep dalam pembelajaran biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Nguter.
Wiyarsi, A. (2009). Penilaian proyek sebagai implementasi authentic assessment untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan kerja ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Yogyakarta: UNY.
Lampiran-lampiran pendukung