LAPORAN PENELITIAN SOSIAL TUMPENG PESISIRAN – EDISI CONTOH KELAS X5

LAPORAN PENELITIAN SOSIAL TUMPENG PESISIRAN – EDISI CONTOH KELAS X5

Cover 

Kata pengantar

Abstrak/sari

Daftar isi 

Latarbelakang

Budaya  makanan  Indonesia  dibentuk  oleh  beberapa  faktor  seperti  alam,  sejarah,  dan  budaya.  Menurut Soemardjan (1985) perkembangan gaya kuliner kita dipengaruhi oleh budaya lokal, agama dan perdagangan. Dengan  keanekaragaman  geografis  dan  budaya  yang  sangat  besar  di Nusantara,  terbukti  masakan  Indonesia  kaya  akan  variasi  dan  rasa.  Karena  beragamnya  jenis  dan  gaya  kuliner  di  Indonesia,  sulit  untuk  menentukan  makanan  mana  yang  bisa  dipilih  untuk  mewakili  Indonesia  secara  keseluruhan.  


Pada tahun 2012 Pemerintah  Indonesia  meluncurkan  Tumpeng  sebagai  ikon  makanan  tradisional  Indonesia (Kemenparekraf RI, 2012) karena dapat mewakili budaya dan cara hidup masyarakat Indonesia melalui bahan, warna,bentuk dan teknik penyajiannya. Tumpeng  adalah  makanan  berbahan  dasar  nasi  berbentuk  kerucut yang  biasa  disajikan  dengan  lauk  seperti  sayuran,  daging,  ayam,  dan  telur  dalam  upacara  adat  Jawa.  Dalam khasanah Jawa, ragam tumpeng dapat dikenal mulai dari tumpeng  kuning  (kuning),  putih  (putih),  robyong,  gundhul,  kencana,  ropoh,  bango  tulak,  panggang,  dhuplak,  kendhit,  megono,  urubing  damar  dan  pangkur (Amangkunegara, 1986). 


Salah satu khasanah tumpeng yang belum banyak dikenal secara luas adalah Tumpeng Pesisiran. Tumpeng ini tidak melulu didominasi ornamen gunungan dan berlauk daging dari hewan yang hidup di darat. Tumpeng pesisiran adalah tumpeng dengan gaya orang pesisir yang berdaulat dengan lauk dari hewan yang hidup di air laut atau tambak, dan sayuran dari tanaman pantai. 


Melalui tumpeng, dapat dijadikan simbol persatuan sosial (Radix, 2014)  dalam merajut kenusantaraan dengan tetap daulat gizi seimbang (Soekirman, 2011). Harapan kedepan, Tumpeng Pesisiran dapat gunakan untuk ruang dialog dalam pemajuan desa-desa di Kawasan Pesisir melalui kuliner yang ikonik dan ke-Indonesia-an. 


Sehubungan dengan hal tersebut, tumpeng pesisiran memiliki keunikan dari sisi objek maupun subjek. Dari sisi objek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada materi makanan yang didalamnya mengandung nutrisi seimbang yang diperlukan untuk asupan gizi setiap orang. Dan dari sisi subjek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada ketersediaan bahan, proses membuatnya, hingga kegiatan sosial-tradisi yang berdampingan. Dengan keunikan tersebut, tumpeng pesisiran menjadi menarik ketika digunakan untuk objek dan subjek penelitian sosial.

Rumusan masalah

Berdasar latar belakang tentang tumpeng, masalah dalam pembelajaran kali ini tentang para siswa memahami dan mempraktikkan materi penelitian sosial melalui tumpeng pesisiran. Dengan demikian maka rumusan masalah dalam pembelajaran ini adalah bagaimana membuat tumpeng pesisiran. Rumusan pertanyaan ini kemudian di turunkan menjadi beberapa pertanyaan sebagai berikut. 

a. Apa dan dari mana bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat tumpeng pesisiran? 

b. Bagaimana proses membuat tumpeng pesisiran? 

c. Dari dua pertanyaan turunan tersebut, diharapkan siswa juga dapat merambah pada model rekayasa pemajuan desa dengan tumpeng pesisiran?

Tujuan penelitian

Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan dalam penelitian sosial ini adalah sebagai berikut; 

a. Untuk mengetahui apa dan dari mana bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat tumpeng pesisiran. 

b. Untuk mengetahui bagaimana proses membuat tumpeng pesisiran. 

c. Untuk mengetahui model rekayasa pemajuan desa dengan tumpeng pesisiran. 


Manfaat penelitian

Kajian Pustaka

Tulisan ini berisikan kajian awal tentang tumpeng pesisiran, atau tepatnya tentang tumpeng itu sendiri. Tulisan ini dibangun dari kajian dokumen yang telah tersebar di ragam jurnal dalam dan luar negeri. Dari kumpulan dokumen kajian tumpeng tersebut kemudian diolah sedemikian rupa dalam rangka memvisualkan secara deskriptif tentang apa itu tumpeng, makna tumpeng, relasi tumpeng dengan media pembelajaran ilmu pengetahuan, media tumpeng untuk komoditi sosialisasi program pemerintah, serta  diskursus tumpeng untuk kesejahteraan sosial. Akhir dari tulisan ini tidak lain adalah untuk mengajak para pembaca untuk berekspresi dalam konteks sosiologis tentang apa dan bagaimana aksi sosial kita dalam berinteraksi dengan tumpeng yang telah menjadi ikon kuliner nusantara. 

Lestari (2016) dalam tulisannya yang berjudul Nasi Tumpeng, A Way To Convey The Message Through Meaningful Signs. International Review of Humanities Studies, memaparkan dengan apik tentang bagaimana mengenal tumpeng dari cerita tutur. Ada banyak pendapat tentang kata tumpeng. Ada yang berpendapat bahwa tumpeng berasal dari kata tumpeng berasal dari tumumpang ing… dan sakkupeng ing…. Kata tumumpang ing… mengacu pada nasi berbentuk kerucut yang berada di atas sedangkan sakkupeng ing… mengacu pada lauk pauk yang ada di sekitar nasi berbentuk kerucut (Lestari, 2016:41).  

Dalam hal bentuk, Rodhi (2007) menginformasikan bahwa setiap tumpeng terdiri dari tumpeng kerucut dan tumpeng parabolik. Namun menurut Alfajria & Sudjudi (2015) bentuk tumpeng tidak selalu demikian, dimana tumpeng selalu muncul dalam beragam bentuk dan kelengkapan. Keragaman bentuk tumpeng inilah, menurut Sugiman (2019) telah menjadi ekspresi nilai estetika masyarakat Jawa dalam menghias makanan.

Makna tumpeng kerapkali dihubung-hubungkan dengan ruang kebatinan masyarakat Jawa. Makna klasik yang melangit itu kemudian tidak mudah dijangkau oleh generasi muda. Beberapa studi tumpeng yang berhubungan dengan makna klasik dapat dilihat pada studi Sutiyono (1998) dan Rondhi (2007). Menurut Sutiyono (1998:2) tumpeng dan gunungan dalam kebudayaan masyarakat Jawa menjadi simbol dari berbagai fenomena, antara lain keselamatan, kedamaian, dan keseimbangan alam. Begitu halnya dengan Rodhi (2007) Ia memaknai tumpeng dalam sudut pandang alam kebatinan seks orang Jawa. Menurut Rodhi, makna tumpeng kerucut adalah simbolisasi dari kelamin laki-laki (kerucut) dan tumpeng parabolik merupakan simbolisasi dari perut atau rahim seorang perempuan. Hal senada juga disampaikan Suparman (2019:75) dimana tumpeng masih digunakan untuk dipersembahkan kepada pasangan pengantin saat ritual suci keagamaan. Bahkan dalam studi terbaru yang dilakukan Fitriana (2021) tumpeng juga masih direpresentasikan dengan ritual peneguhan mereka pada roh yang telah menjaga desa.  Sulastri & Apriyani (2021) tumpeng masih digunakan struktur sosial sebagai alat pengesahan pranata pranata dan lembaga kebudayaan, sebagai alat pendidikan (pedagogical device), dan sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota.

Penelitian-penelitian tentang tumpeng ternyata tidak sebatas pada kajian makna saja. Beberapa peneliti telah mengkaji hubungan tumpeng dengan kajian ilmu pengetahuan yang lain. Penelitian tumpeng yang berhubungan dengan kajian ilmu pengetahuan dapat dilihat dari penelitian tumpeng juga dihubungkan dengan potensi dan pengenalan tempat tinggal. Studi tersebut dapat dilihat pada Lestari (2016) dimana ia telah memaparkan bahwa pesan yang bisa ditangkap dari sebuah tumpeng adalah tentang lokasi tempat tinggal mereka. Melalui tumpeng, mereka mencoba mengungkapkan bahwa ada dua dunia, darat dan laut yang dapat memenuhi kebutuhan pangan manusia. Masyarakat menyadari bahwa lokasi yang sangat strategis dan bermanfaat. Masyarakat perlu menjaga lingkungan hidup sekaligus menjaga Kesehatan. Masyarakat melihat bahwa mereka bisa tidak hidup sendiri sehingga harus menjaga kesadaran sosial terhadap masyarakat dan lingkungan, sebagai klimaks untuk menyampaikan pesan hubungan manusia dan pencipta.

Penelitian tumpeng yang cukup maju juga telah dilakukan oleh Thamrin, Santoso & Prayitno (2017:12), Ferdiana & Nasir (2017),  dan Kurnia, Susilo & Mardiana (2018) dimana penelitian tersebut sepakat bahwa tumpeng telah digunakan ikon simbolik untuk pendidikan gizi anak yang terbukti mampu mempengaruhi anak dalam pengenalan gizi Seimbang terhadap pengetahuan gizi dan pola makan anak. Masih dalam tema penelitian tumpeng untuk pengembangan ilmu pengetahuan, hal menarik juga dapat dilihat pada penelitian yang dilakukan Himmah dkk (2019) dimana bahan, bentuk, dan aktivitas tumpeng dapat ditransformasikan dalam abstraksi matematika etnis. Sebuah terobosan yang menarik untuk dikembangkan.

Dalam penelitian Alfath dan Permana (2016:168) tumpeng memiliki tiga dimensi dalam pemanfaatannya. Pertama, tumpeng pelestarian tradisi dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Kedua, tumpeng untuk promosi pariwisata setelah menurunnya jumlah wisatawan setelah letusan tahun 2014. Ketiga, tumpeng untuk media komoditas politik teritorial terkait dengan sengketa dengan wilayah. Hal senada juga dapat dilihat penelitian yang dilakukan Rusdiana (2019) yang telah melangkah lebih jauh tentang pemaknaan fungsi tumpeng, dimana tumpeng telah digunakan untuk sumber ide penciptaan motif batik untuk busana pesta wanita. Terlebih penelitian yang dilakukan Siregar (2018:378) dan Putra, Kartini, & Dewi (2020:98)  tumpeng telah dijadikan media dalam program pemberdayaan masyarakat miskin, dimana kelompok masyarakat mendapatkan pendampingan membuat tumpeng untuk dipasarkan secara luas guna meningkatkan kesejahteraan kelompok sosial yang rawan. 

Walaupun demikian, reaksi keras terhadap kecemasan tersingkirnya kuliner tradisional telah disampaikan oleh Krisnadi (2020:39) dalam penelitiannya yang berjudul Tumpeng in The Era Of Globalization. Krisnadi mencoba mengembalikan ingatan kita tentang tumpeng yang selalu dihidangkan pada acara merayakan hari ulang tahun, syukuran, yang bersifat non-formal maupun formal. Namun di era globalisasi dalam bidang kuliner dengan masuknya kuliner tradisional dari negara Asia, Timur Tengah, dan Barat ketenaran kuliner asing tersebut telah berhasil menggeser kedudukan tumpeng sebagai kuliner tradisional dan identitas bangsa. Melalui penelitiannya tersebut, Ia mengajak kita semua untuk bagaimana caranya dalam membangkitkan ketenaran dan kesakralan tumpeng di masa lalu, kepada masyarakat khususnya generasi muda, dan menanamkan rasa bangga dan mencintai tumpeng sebagai kuliner tradisional Indonesia. Hal demikian juga senafas dengan pandangan Setyonugroho (2020) tentang apa dan siapa saja yang ada di desa harus memiliki visi untuk kemajuan desanya. Hanya saja Krisnadi dan Setyonugroho belum memberi resep tentang langkah-langkah strategis apa yang dilakukan agar tumpeng menjadi pilihan kuliner yang tidak lekang oleh generasi zaman. Kajian yang terkesan lebih maju dalam hal menggunakan produk kearifan lokal untuk pemajuan desa terlihat telah dilakukan oleh Hermansah (2021) dimana Ia dengan tegas memilih jalan daya sosial dan budaya dapat digunakan untuk memajukan desanya. Namun ketegasan Hermansah belum disertai dengan bagaimana skema yang apik dalam menyusun rekasayasa pemajuan kebudayaan desa melalui tumpeng. Lantas bagaimana dengan reaksi kalian?

Budaya  makanan  Indonesia  dibentuk  oleh  beberapa  faktor  seperti  alam,  sejarah,  dan  budaya.  Menurut Soemardjan (1985) perkembangan gaya kuliner kita dipengaruhi oleh budaya lokal, agama dan perdagangan. Dengan  keanekaragaman  geografis  dan  budaya  yang  sangat  besar  di Nusantara,  terbukti  masakan  Indonesia  kaya  akan  variasi  dan  rasa.  Karena  beragamnya  jenis  dan  gaya  kuliner  di  Indonesia,  sulit  untuk  menentukan  makanan  mana  yang  bisa  dipilih  untuk  mewakili  Indonesia  secara  keseluruhan. 

Pada tahun 2012 Pemerintah  Indonesia  meluncurkan  Tumpeng  sebagai  ikon  makanan  tradisional  Indonesia (Kemenparekraf RI, 2012) karena dapat mewakili budaya dan cara hidup masyarakat Indonesia melalui bahan, warna,bentuk dan teknik penyajiannya. Tumpeng  adalah  makanan  berbahan  dasar  nasi  berbentuk  kerucut yang  biasa  disajikan  dengan  lauk  seperti  sayuran,  daging,  ayam,  dan  telur  dalam  upacara  adat  Jawa.  Dalam khasanah Jawa, ragam tumpeng dapat dikenal mulai dari tumpeng   kuning   (kuning),   putih   (putih),  robyong,  gundhul,  kencana,  ropoh,  bango  tulak,  panggang,  dhuplak,  kendhit,  megono,  urubing  damar  dan  pangkur (Amangkunegara, 1986).

Salah satu khasanah tumpeng yang belum banyak dikenal secara luas adalah Tumpeng Pesisiran. Tumpeng ini tidak melulu didominasi ornamen gunungan dan berlauk daging dari hewan yang hidup di darat. Tumpeng pesisiran adalah tumpeng dengan gaya orang pesisir yang berdaulat dengan lauk dari hewan yang hidup di air laut atau tambak, dan sayuran dari tanaman pantai.

Melalui tumpeng, dapat dijadikan simbol persatuan sosial (Radix, 2014)  dalam merajut kenusantaraan dengan tetap daulat gizi seimbang (Soekirman, 2011). Harapan kedepan, Tumpeng Pesisiran dapat gunakan untuk ruang dialog dalam pemajuan desa-desa di Kawasan Pesisir melalui kuliner yang ikonik dan ke-Indonesia-an.

Sehubungan dengan hal tersebut, tumpeng pesisiran memiliki keunikan dari sisi objek maupun subjek. Dari sisi objek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada materi makanan yang didalamnya mengandung nutrisi seimbang yang diperlukan untuk asupan gizi setiap orang. Dan dari sisi subjek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada ketersediaan bahan, proses membuatnya, hingga kegiatan sosial-tradisi yang berdampingan. Dengan keunikan tersebut, tumpeng pesisiran menjadi menarik ketika digunakan untuk objek dan subjek penelitian sosial.

Metode penelitian

Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran ini dilakukan pada; 


Hari/ Tgl : Rabu Kliwon, 15 Maret 2023 

Pukul : 07.00  s.d 13.30 wib 

Tempat Penelitian : Rumah Warga Dasun 

Tempat Presentasi : Gedung Serbaguna Dasun  

Peserta : Siswa Kelas X sejumlah 288 orang atau 32 kelompok

Pedoman Pengamatan

Mengamati aktivitas keseharian masyarakat yang kamu kunjungi mulai dari pagi, siang, dan malam ( fokusnya masyarakat Dasun )

Mengamati alat yang digunakan masyarakat dalam melakukan aktivitas keseharian.

Mengamati produk unggulan apa yang dimiliki masyarakat.


Pedoman Wawancara

Menanyakan asal usul masyarakat yang dikunjungi

Menanyakan asal-usul atau sejarah masyarakat yang kamu kunjungi.

Menanyakan aktivitas keseharian masyarakat yang kamu kunjungi.

Menanyakan alat-alat yang digunakan masyarakat dalam aktivitas kesehariannya.

Menanyakan apa saja produk unggulan masyarakat yang kamu kunjungi.

Menanyakan asal usul tradisi tumpengan ada di masyarakat.

Menanyakan rempah apa saja yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.

Menanyakan dari mana resep rempah didapatkan.

Menanyakan bagaimana bentuk dan karakteristik rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.

Menanyakan dari mana mendapatkan rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.

Menanyakan mengapa menggunakan rempah tersebut, dan apa fungsinya dalam makanan.

Menanyakan rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran

Menanyakan bahan daging hewan  yang  hidup  di  darat.

Menanyakan bahan daging yang  hidup  di  air.

Menanyakan sayuran  yang digunakan.

Menanyakan jenis tumpeng yang dibuat (tumpeng kuning/ tumpeng putih).

Menanyakan cara membuat tumpeng nasi kuning.

Menanyakan cara membuat tumpeng nasi putih.

lauk pauk yang digunakan.

Menanyakan bahan-bahan yang digunakan memasak lauk-pauk.

Menanyakan cara memasak lauk pauknya.

Menanyakan cara menata tumpeng.

Menanyakan tempat sajian tumpeng yang digunakan.

Menanyakan pada acara apa warga membuat tumpeng.

Menanyakan bagaimana prosesi tumpengan berlangsung.

Menanyakan apa yang dirasakan warga pada saat membuat tumpeng.

Menanyakan apa yang dirasakan warga setelah tumpengan.

Menanyakan apa yang dirasakan warga ketika tidak melakukan tumpengan.

Menanyakan apakah tradisi tumpeng masih ada sampai sekarang.

Menanyakan apakah terjadi perubahan perubahan menggunakan tumpeng pada saat acara tertentu.

Menanyakan apakah terjadi perubahan bahan dan cara memasak tumpeng.

Menanyakan apakah terjadi perubahan tampilan tumpeng.

Menanyakan apakah ada warga yang ingin mengubah atau menghilangkan tradisi tumpengan.

Menanyakan apakah terjadi penolakan dalam menggunakan tumpeng.

Menanyakan masa depan tumpeng pesisiran.  

Hasil penelitian

Assalamualaikum wr.wb

Kami dari kelompok 19 ingin menceritakan sedikit pengalaman yang kami dapatkan dari kegiatan learning tour di Desa Dasun Kec.Lasem Kab.Rembang pada hari Rabu 15 Maret 2023. Kelompok 19 ini didampingi oleh Bapak Erfan salah satu guru BK di SMA Negeri 1 PAMOTAN dan pendamping dari warga yaitu Bu Dewi Susilowati. Di kegiatan tersebut kita diajak untuk mengamati, menghasilkan, dan menanyakan hal-hal yang bersangkutan dengan tumpeng pesisiran.

Mari kita mengenal anggota dari kelompok 19


Kita semua merasakan senang yang sangat luar biasa karena tidak menyangka dapat mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan yang tidak bisa diutarakan melalui kata-kata.

Berikut anggota dari kelompok 19 sesuai dengan urutan absennya.

1. Ana Soviana (5)

Saya mendapatkan banyak hal yang menyenangkan di kegiatan ini,yang mana hal tadi adalah hal yang unik yang baru saya ketahui melalui learning tour Tumpeng Pesisiran di Desa Dasun.

2. Islahuddin (18)

Di dalam kelompok saya mendapatkan tugas yaitu membuat hiasan bersama teman-teman cowok. Kami membuat alas nasi pada tampah, membuat hiasan dari tomat, hiasan dari timun, dan hiasan dari kacang panjang.

3. Minhatuz zika (21)

Semua berjalan dengan lancar. Saya sangat senang bisa belajar bersama melalui kegiatan learning tour ini. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Alhamdulillah hal yang saya khawatirkan tidak terjadi. Hal yang saya khawatirkan adalah ketidak cocokan pandangan dari masing-masing anggota yang akan membuat perdebatan yang bisa mengakibatkan tidak bisa kerja sama. Namun hal ini tidak berlaku dikelompok 19 pada hari Rabu 15 Maret 2023 saat learning tour tumpeng pesisiran. Saya ingin pergi kesana lagi untuk belajar lebih dalam lagi terutama belajar membuat dan belajar memahami tumpeng.

4. M Rizal Riftanto (22)

Hal yang menyenangkan dapat belajar di Dasun. Saya mendapatkan tugas membuat hiasan tumpeng. Namun saya juga bisa menghaluskan bumbu (ngulek).

5. Naihal Himah Indana zulfa (25)

Pengalaman yang tak akan pernah saya lupakan. Saya disana dapat mengamati, menghasilkan, mengamati, dan bertanya-tanya yang membuat pengetahuan saya tentang tumpeng pesisiran bertambah.

6. Naila Mifta Aulia (26)

Seperti teman yang lain saya juga merasakan hal yang menyenangkan. Kita disana dapat bekerja sama untuk belajar membuat tumpeng pesisiran. Saya rasa saya ketagihan untuk pergi kesana lagi.

7. Rafli fajar Irwanto (30)

Saya juga merasakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan saya merekam video saat memasak, mengupas, mencuci, dan video-video lain yang dibutuhkan(namun tidak hanya saya yang merekam video).

8. Silma Nurul Musyrifah (32)

Suatu hal yang membanggakan bagi saya bisa berkesempatan belajar bersama dalam kegiatan learning tour tumpeng pesisiran di Desa Dasun ini. Kerjasama tim yang kompak membuat diri saya semakin bersemangat untuk menjalankan step demi step kegiatan membuat tumpeng.

9. Syarifah Nur Aini (34)

Saya sangat suka dan saya ingin kesana lagi untuk lebih meneliti dan memahami tumpeng pesisiran. Disana juga dapat menambah rasa kekeluargaan dan kerukunan. Pengalaman yang menarik bagi saya yang sulit untuk diungkapkan melalui kata-kata.



Sebelum kami berangkat ke Dasun, kami dikumpulkan terlebih dahulu di lapangan SMA NEGERI 1 PAMOTAN untuk mengecek kelengkapan masing-masing kelompok dan tidak lupa terlaksananya doa bersama agar kita selamat sampai ke tujuan. Kita mendapatkan arahan untuk menaiki Bus, yang mana disana ada 4 Bus ban dobel dan 8 Bus kecil. Sedikit saran dari kami yang mewakili perasaan sebagian murid kelas X untuk bus yang digunakan alangkah baiknya menggunakan bus yang sama agar tidak muncul perasaan murid yang merasa tidak adil yang diberikan untuk memfasilitasi murid-muridnya.




Dengan perjalanan yang menyenangkan tidak terasa kita sudah sampai di Lasem. Pada gambar diatas yang bawah terdapat taman Lasem berada disebelah kanan jalan dan yang atas terdapat Masjid Jami' Lasem berada disebelah kiri jalan.




Alhamdulillah kita semua sudah sampai di lapangan Desa Dasun dengan keadaan selamat dan dengan personil yang lengkap. Disana kita baris sesuai dengan kelompok untuk menemui pendamping kelompok yang dari warga. Sesudah kita ketemu dengan pendamping, kami bersalaman dan diajak menuju rumah beliau. Penyambutan yang menghangatkan dan disambut dengan ramah yang penuh senyuman membuat kami merasa nyaman. Di rumah Bu Dewi kami disuguhi dengan jajan yang beranekaragam.






Setelah itu kami bergegas untuk melaksanakan tugas kami membantu bu Dewi membuat tumpeng. Mulai dari bahan-bahan yang digunakan kita kelupas, mencuci ikan bandeng dan ikan nus (cumi-cumi), dan pembuatan hiasan untuk menghias tumpeng yang akan dibuat. Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak lauk pauk berbeda Mulai dari bumbu acar bandeng, bumbu mie, bumbu daun pepaya dan teri, bumbu cumi, bumbu kering tempe, dan bumbu urap. Kata Bu Dewi "Bumbune sami mba tapi wonten bedane senajan bedane mok sitik" yang intinya bumbunya itu berbeda sedikit.







Disini kami juga membantu Bu Dewi memotong cabai, bawang merah, bawang putih, memotong kacang panjang, tomat, dan bahkan kami juga membantu menghaluskan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat lauk pauk. Kita juga membantu memarut kelapa untuk nantinya dijadikan urap-urapan, menanak nasi dan menggoreng lauk pauk. Disini kami tidak diperbolehkan Bu Dewi (kami juga tidak berani) untuk memasak ikan bandeng dikarenakan saat penggorengan biasanya minyaknya akan memercik keluar yang mengakibatkan kulit yang terkena bisa melepuh. 





Setelah semua lauk pauk dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, kita segera membuat tumpeng dan menghiasnya. Hiasan untuk menghiasi tumpeng ini dibuat oleh kelompok kami sendiri yang laki-laki. Jadi kelompok kami memiliki kerja sama yang bagus dalam kegiatan learning tour ini.




Kemudian tumpeng yang sudah jadi tadi dibawa ke gedung serbaguna Dasun. Disini tumpeng yang kami buat dinilai dan terdapat 5 juara dari 32 peserta. Walaupun kelompok kami belum berkesempatan mendapatkan juara itu, kami sudah senang dikarenakan kami merasa bahwa dalam melaksanakan pembuatan tumpeng kami bisa bekerja sama yang mana dapat menambah rasa persahabatan kami dan juga sikap dari pendamping warga kami yang baik hati dan ramah kepada kami. Tumpeng yang sudah dinilai dimakan bersama-sama.



Sekian dokumentasi yang dapat kami sampaikan karena banyak peristiwa yang hanya dapat dirasakan tidak dapat diutarakan dengan kata-kata.


Terimakasih kepada Bu Dewi yang telah sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami lontarkan dan dengan jawaban ibuk yang disertai dengan senyuman membuat kami mudah menyerap apa yang ibuk sampaikan. Terimakasih juga kepada SMA NEGERI 1 PAMOTAN terkhusus kepada guru sosiologi Bu Indarti dan Pak Suhadi, tanpa kalian mungkin kami tidak mengenal Bu Dewi. Terimakasih juga kepada Pak Erfan telah mendampingi kelompok kami dengan penuh kesabaran dan guyonan yang membuat kami tidak tegang.


Wassalamu'alaikum wr.wb 


Video-video :


Sedikit pengetahuan tentang bahan rempah yang digunakan membuat tumpeng beserta lauk pauknya.



Video sinematik cuplikan kegiatan learning tour kelompok 19


Pembahasan

Simpulan 

Penutup 

Daftar Pustaka

Alfajria, N., & Sudjudi, I. (2015). Ensiklopedia tumpeng. Visual Communication Design, 4(1), 180630.

Alfath, E. D., & Permana, Y. S. (2016). Festival 1000 Tumpeng: Komodifikasi tradisi, pariwisata, dan ‘territoriality’di Gunung Kelud The Festival of 1000 Tumpeng: Commodification of tradition, tourism, and ‘territoriality’in Kelud Mountain. Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik, 29(4), 169-180.

Amangkunegara III. (1986), Serat Centhini (Suluk Tambangraras) Jilid II, Yayasan Centhini, Yogyakarta.

Cahyono, A. E. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Authentic Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jember. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 5(1), 1-13.

Ferdiana, S., & Nasir, M. (2017). Penerapan Media Tumpeng Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Siswa Kelas 5-6 di SDN 11/262 Semolowaru. Infokes, 7(02), 17-21.

Fitriana (2021). Tumpeng Sewu Culinary Festival in Rituals of Bersih Desa Kemiren as Tourism Object 2015-2019. Jurnal Historica Vol 5 No 1. 

Hermansah, Angga. (2021). Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun. Yogyakarta: Lintas Nalar

Himmah, F., Monalisa, L. A., Pambudi, D. S., & Trapsilasiwi, D. (2019). Ethnomathematics Of Tumpeng And Banyuwangi Tumpeng Sewu Rituals As Students’ Worksheets. Pancaran Pendidikan, 8(1).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (2012), “Nasi Tumpeng Dipilih Menjadi Andalan Ikon Kuliner Tradisional Indonesia”, tersedia di: www.travel.detik.com/travel-news/d-2124932/nasi-tumpeng-jadi-pendorong-wisata-kuliner-indonesia (diakses 03 Maret 2023).

Krisnadi, A. R. (2020). Tumpeng Dalam Kehidupan Era Globalisasi Tumpeng In The Era Of Globalization. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 1(2).

Kurnia, A. R., Susilo, M. T., & Mardiana, M. (2018). Developing Balanced Nutrition Snakes and Ladders as Educational Media for Balanced Nutrition Tumpeng on Elementary School Student. Jurnal Dunia Gizi, 1(2), 65-70.

Lestari, N. S. (2016). Nasi Tumpeng, A Way To Convey The Message Through Meaningful Signs. International Review of Humanities Studies, 1(1).

Mustikarani, W., & Ruhimat, M. (2018). Kelemahan dan Keunggulan Implementasi Authentic Assessment dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 147-153.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2020). Pelatihan Pembuatan Tumpeng Upakara sebagai Upaya Peningkatan Omset UKM Adi Upakara. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 93-98.

Radix AP Jati, I. (2014). Local wisdom behind Tumpeng as an Icon of Indonesian Traditional Cuisine. Nutrition & Food Science, 44(4), 324-334.

Rondhi, M. (2007). Tumpeng: Sebuah Kajian dalam Perspektif Psikologi Antropologi. dalam Jurnal Imajinasi, 3 (1).

Rusdiana, E. Y. (2019). TUMPENG ROBYONG SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BUSANA PESTA WANITA. Ornamen, 16(1).

Setyonugroho, Exsan Ali. (2020). DASUN Jejak Langkah Dan Visi Kemajuannya. Yogyakarta: CV Lintas Nalar

Siregar, O. M. (2018). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Kelompok Keluarga Miskin Untuk Menambah Penghasilan Melalui Pelatihan Pembuatan Tumpeng Mini Di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Medan. Abdimas Talenta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 378-382.

Soekirman (2011), “Mengambil sejarah gizi Indonesia untuk melompat menuju generasi masa depan yang lebih baik: pengembangan pedoman gizi Indonesia”, Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, Vol. 20 No.3, hlm.447-451.

Soemardjan, S. (1985), “Pengaruh Budaya Terhadap Pangan Dan Gizi: Kasus Indonesia”, dalam Biswas, N. dan Pinstrup-Andersen, P. (Ed), Nutrition and Development, Oxford University Press, Oxford, hlm.163-181.

Sugiman. (2019). Nilai Estetika Tumpeng Jawa. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 22(1). https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v22i1.21

Sulastri, Y., & Apriyani, T. (2021). Tradisi Kepungan Tumpeng Tawon Desa Mangunweni Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen: Kajian Folklor. MIMESIS, 2(2), 138-146.

Suparman, I. N. (2019). BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA TRADISI NGEJOT TUMPENG. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 75-85.

Sutiyono, S. (1998). Tumpeng Dan Gunungan: Makna Simboliknya Ipa1, lkm Kehidupan Masyarakat Jawa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2).

Thamrin, H., Santoso, S., & Prayitno, A. (2017). Pengaruh Media Puzzle Tumpeng Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi dan Pola Makan Anak Taman Kanak–Kanak. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 1(1), 12-23.

Utami, B. (2009). Pengaruh strategi peta konsep dan diagram vee terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga yang diukur dengan authentic assessment (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Wardah, F. (2018). Pengembangan instrumen authentic assessment berupa penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Wijaya, S. (2019). Indonesian food culture mapping: a starter contribution to promote Indonesian culinary tourism. Journal of Ethnic Foods, 6(1), 1-10.

Winasis, S. (2010). Penerapan metode student teams achievement divisions (stad) disertai authentic assessment untuk meningkatkan partisipasi dan penguasaan konsep dalam pembelajaran biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Nguter.

Wiyarsi, A. (2009). Penilaian proyek sebagai implementasi authentic assessment untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan kerja ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Yogyakarta: UNY.

Lampiran-lampiran pendukung


Post a Comment

Previous Post Next Post