Kelompok 01 X1 Bu Suparmi - Edisi Dokumentasi Kegiatan Learning Tour Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran

Kelompok 01 X1 Bu Suparmi - Edisi Dokumentasi Kegiatan Learning Tour Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran

 


     Assalamu'alaikum Wr.Wb. Halo semuanya!!! Perkenalkan kami dari Kelompok 01. Kelompok kami merupakan salah satu peserta Learning Tour Tumpeng Pesisiran di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Kelompok kami ini beranggotakan 9 orang, yakni 6 siswi perempuan dan 3 siswa laki-laki. Selama kegiatan berlangsung kelompok kami ini didampingi oleh Ibu Sri Wahyuni, S.Pd (Guru BK SMAN 1 Pamotan) dan Ibu Suparmi (Warga asli Desa Dasun). 
Adapun anggota kami terdiri dari:

1. Ni'matul Arifah, Kesan saya tentang learning tour kali ini cukup menyenangkan dan dapat pelajaran dan pengalaman yang belum kita dapatkan.timakasih apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf sebesar-besarnya.
2. Nita Agustin.
3. Sabila Azara.
4. Devita Iftina Ayu, Kesan saya tentang learning toru kali ini cukup membuat saya menguasai ilmu memasak dan bergotong royong saling membantu,bekerja dengan rasa hati yang senang,semoga proyek berikutnya lebih menyenangkan lagi.
5. Hazimah Hasna Bella Haq. Pesan saya adalah terimakasih atas semua pembelajaran dan kenangan selama kegiatan learning tour ini berlangsung, karena dengan adanya kegiatan learning tour ini membawa kesan positif bagi masyarakat luar. Pengalaman yang saya terima kali ini membuat saya semakin bersemangat untuk belajar, yang sebelumnya kami hanya mempelajari dari membawa buku tetapi kali ini kami dapat mempelajari suatu hal secara langsung. Saya harap dikemudian hari kegiatan learning tour ini dapat terus berjalan baik itu kegiatan mapel biasa ataupun dalam kegiatan proyek.
6. Astri Asyifa, Kesan saya sangat senang karena dapat belajar sambil jalan-jalan. Saya merasa bahagia ketika saya dapat suasana baru dan ilmu baru dalam belajar,yang biasanya kami belajar didalam kelas dengan AC yang membuat saya sering kantuk menjadi sangat bersemangat karena belajar diluar sekolah. Pesannya sering - sering belajar diluar karena masih banyak diluar sana yang belum kita pelajari.
7. Eka Bimafaazatillah, Kesan saya senang mendapat pengalam memasak,berwawancara dan berkomunikasi dengan masyarakat setempat ternyata orang²nys ramah dan bisa berinteraksi dengan ibu ibu dasun banyak kenangan menarik dengan acara learning tour. semoga kedepannya makin makin daripada kemarin
8. Kurniawan Dwi Rustyono, Kesan saya sangat senang bisa mengikuti learning Tour di dasun karna saya bisa mendapat pelajaran, pengalaman, serta pengetahuan yang sebelumnya pernah saya ketahui tentang bagai mana cara memasak tumpeng dan bagaimana cara menghias tumpeng. Karena sebelumnya saya juga belum pernah membuat/menghias tumpeng.dan warga penamping saya sangat ramah oranya juga seru dan baik hati membuat saya dan teman teman nyaman berada di rumah beliau.
9. Yusria Khoirur Rafi.



     Sebelum berangkat ke desa dasun,kami seluruh kelompok berkumpul di lapangan dan baris sesuai urutan kelompok untuk absen,berdoa bersama,serta mendengarkan penjelasan dari bapak ibu guru.

     Kelompok kami adalah kelompok pertama yang dipersilahkan untuk berangkat, gambar diatas diambil saat kita sampai di dekat alun-alun lasem yang artinya kita sudah dekat dengan desa Dasun. Selama didalam bis kita bercanda dan tertawa bersama-sama juga bernyanyi bersama-sama.

     Setelah sampai di desa Dasun kami diturunkan di lapangan desa Dasun, disana kami berbaris sesuai kelompok dan kami juga langsung ditemukan dengan pendamping kelompok kami yakni Ibu Suparmi dan Ibu Sri Wahyuni,S.Pd. 

     Kelompok kami berjalan bersama ibu Sri Wahyuni,S.Pd menuju lokasi rumah pembuatan Tumpeng Pesisiran yakni dirumah Ibu Suparmi, selama perjalanan menuju rumah produksi kelompok kami membuat vidio perjalanan lucu semacam vlog.

     Sesampainya dirumah ibu Suparmi kami diajak untuk sarapan berasama dengan lauk cumi,  ikan bandeng,dan udang yang telah disiapkan oleh ibu pendamping. Kami berdoa bersama dan makan dengan lahap.

     Setelah makan bersama kami membagi tugas ada yang membersihkan seafood, ada yang memotong sayuran,ada yang membuat bumbu,juga ada yang membuat hiasan untuk Tumpeng Pesisiran.

     Setelah masakan jadi kami segara untuk menghias tumpeng dengan menu masakan yang telah kami buat sebelumnya, kami membuat 2 Tumpeng dan saat itu waktu kami hanya sedikit sehingga kami tergesa-gesa dalam menghiasinya.

      Setelah tumpeng selesai dihias sedemikian rupa,kami pun membawa Tumpeng ke aula desa Dasun menggunakan mobil SMAN 1 Pamotan bersama bapak guru dan juga kelompok lain.

     Akhirnya kita pun sampai di Aula desa Dasun,disana tumpeng kita semua dinilai dan dicoba oleh para tamu undangan. Walaupun tumpeng dari kelompok kami tidak mendapatkan juara tapi hidangan tumpeng kami tidak kalah lezat dari kelompok lain, yang saat itu menu masakan tumpeng kami diminati oleh banyak orang hingga habis. Kami sangat bahagia hari itu karena kami bersenang-senang dan juga mendapat pelajaran baru dalam hal memasak tumpeng dan bersosialisasi.


Kami sangat berterimakasih kepada bapak/ibu guru juga penduduk desa Dasun atas bantuannya dalam membimbing kami dengan kesabaran dan ketulusannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post