Laporan Perjalanan Ali Ashari ke Vihara Ratanavana Arama

Laporan Perjalanan Ali Ashari ke Vihara Ratanavana Arama

Penulis: Ali Ashari *

Saya akan berceritan perjalanan menuju vihara ratnavana arama.

Untuk menuju ke vihara ratnavana arama dari SMAN 1 Pamotan kami naik bus ke arah Lasem lalu belok ke kanan melewati desa waru gunung lalu belok ke kanan lagi terus dan ada belokan lgi ke kiri memasuki pemukiman warga dan terus mengikuti jalan dan jalannya menanjak terus,lurus terus dan tibalah kita di sebuah desa yakni Sedangcoyo.

Saat menuju ke vihara ratnava arama cuacah alhamdulillah bersahabat di dalam bus kami bercanda dengan suka ria dan ada yg melihat pemandangan di sekitarnya.

Saat kami tiba di sana dan masuk ke vihara kami di sambut oleh pihak pengelola dengan ramah.
Di vihara ratnavana arama sangat teduh yg di keliling i pepohonan yg sangat rindang dan udaranya juga sejuk karena ada di pegunungan,tanahnya sedikit berair dan di tumbuhi lumut.

Kalau berkunjung harus hati" karena ada lumutnya,memasuki situs pertama saya melihat patung garuda dan patung naga yg besar setelah masuk saya melihat gajah putih dan bunga teratai yg sangat cantik,patung elang dan parung pendiri vihara ratnavana arama yaitu banthe suddhomo di dalam sebuah kapal dan ada juga miniatur candi yg di hiasi patung dan ukiran yg sangat bagus.

Fasilitan beribadah seperti kitab",lilin merah,kemenyan dan bunga bunga.

Di sana kami mengamati banyak tentang situs vihara pesan saya untuk menjaga vihara itu dengan baik dan jangan membuang sampah sembarangan di vihara.setalh selesai semua kami istirahat dulu di sana untuk makan jajan yg sudah saya bawa.setelah itu kmi pamit kepada pengurus vihara dan mengucapkan terima kasih.

Kami melanjutkan perjalanan ke masyarakat untuk di wawancarai tentang vihara ratnavana arama,dan kami di sambut dengan ramah oleh masyarakat di sekitar vihara dan saya mendapat informasi yg banyak soal vihara tersebut,dan kmi menuju ke bis untuk balik di sekolah.

* Siswa SMA Negeri 1 Pamotan saat ini sedang duduk di bangku kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial

Post a Comment

Previous Post Next Post