Laporan Perjalanan Nikmatul Lailiyah ke Vihara Ratanavana Arama

Laporan Perjalanan Nikmatul Lailiyah ke Vihara Ratanavana Arama


Penulis: Nikmatul Lailiyah*

Nama saya Nikmatul lailiyah kelas XI ips 2, Alamat Desa pancur RT04 RW01, Agama islam, hobi ngedance, cita cita saya menjadi KOWAD. Motto saya kalau kita gagal pasti ada akan hari esok Yang kita tunggu yaitu keberhasilan kita, keberhasilan nemuin diri kita sesungguhnya, dan keberhasilan dalam membahagiakan orang lain.Vihara Ratanavana Arama terletak di Desa Sendangcoyo, kecamatan Lasem , Kabupaten Rembang. Rute jalan menuju Vihara Ratanavana Arama, dari SMA N 1 PAMOTAN ke arah gayam kemudian sumber agung setelah itu menuju NJombok lalu pancur kemudian Gunung bugel lurus terus ke Pohlandak kemudian  Masjid lasem belok ke timur  jalan terus ke Sumber girang lalu Ngemplak dan setelah itu lurus terus ke sendang coyo.  Saat menuju Vihara Ratanavana Arama suasananya sangat menyenangkan, saat didalam bis kami semua mendengarkan musik, sambil bergurau gurau. Respon pihak vihara saat kami tiba, respon nya cukup baik, beliau menerima kami dengan senang hati.  Kondisi masyarakat di sekitar  Vihara Ratanavana Arama, masyarakatnya cukup ramah walaupun berbeda agama mereka tetap saling membantu sesame lainya dan bergotong royong. Saat  di ligkungan Vihara  rasanya cukup menyenangkan karena bisa melihat patung patung yang bagus dan besar besar.  Suasana yang saya rasakan  seperti di Negara Thailand dan di india, udara nya sejuk. Keadaan tanah di sekitar Vihara cukup subur. Ketersediaan air di Vihara airnya mengalir cukup sempurna.

Saat saya di Vihara ada banyak sekali tumbuhan yaitu pohon angsa, pohon flamboyan, singkong. Ada juga buah buahan yaitu ada buah gedondong, buah pisang, buah mangga, buah nangka, buah anggur jawa. Hewan yang  di sekitar Vihara yaitu anjing, burung, monyet, ular. Bunga yang ada disana yaitu bunga kantil, bunga mawar, bunga teratai, bunga kenanga. Di lingkungan sekitar Vihara struktur tanahnya berjenis lempung dan struktur bebatuannya besar besar. Bangunan atau Situs di Vihara Ratanavana Arama yaitu situs yang  pertama ada patung Sidharta Gautama lahir, Dewi Mahamaya, Gajah Putih, Ular naga raksasa sepanjang 25 meter, dan tujuh bunga teratai. Semua patung itu berwarna emas. Situs yang kedua Patung Sidharta Gautama setinggi 3 meter sedang duduk bersemedi di bawah pohon beringin. Patung ini menggambarkan sidhara Gautama yang bersemedi selama 6 bulan di Hutan Uruvela, India.Situs ke tiga Patung Sidharta Gautama berdiri di atasbunga teratai dengan tangan kanan diangkat setinggi dada, dengan telapak tangan menghadap ke depan. Di samping patung terdapat ajaran utama sidharta Gautama. Situs ke empat terdapat patung Sidharta Gautama duduk bersila di atas bunga teratai sedang menyampaikan ajarannya kepada 5 muridnya. Di situs ini juga terdapat patung seekor Rusa. Situs ke lima Terdapat Patung Buddha tidur, patung sepanjang 14 meter.  Sang Buddha tidur dengan posisi tidur miring kekanan dan tangan kanannya dilipat di depan wajahnya.

Selain kelima situs di atas, ada juga Miniatur Candi Borobudur yang bernama cadi Sudhammo  Mahathera. Candi ini di kelilingi pagar yang terbuat dari batu dengan relief berupa gambar Bhante Sudhammo. Di candi terdapat 49 buah Stupa yang terdiri atas 3 lapis / susun. Saat saya di Vihara Ratanavana Arama saya melihat lihat patung, mempelajari sejarah sejarah zaman dahulu, dengan di pandu oleh pihak yang ada di sana, tidak lupa saya juga berfoto foto.

Pesan saya untuk pihak pengelola Vihara Ratanavana Arama alangkah baiknya sang pihak saat menjelaskan  jangan terlalu cepat cepat, dan suaranya agak di keraskan sedikit. Pesan saya untuk pihak pemerintah, perihal keberadaan Vihara Ratanavana Arama jika baiknya  bangunan itu dikenal ke seluruh bangsa Indonesia agar keberadaan nya di ketahui banyak orang. Untuk pengunjung dalam perihal keberadaan Vihara Ratanavana Arama  pesan saya, saat berkunjung di sana jagalah sopan santun kalian, perilaku, sikap, dan omongan, taatilah tata tertib yang ada disana, dan jangan lupa jagalah kebersihan. Dan pesan Saya untuk teman teman alangkah baiknya jika kalian di sana lebih tenang lagi jangan berbicara terlalu keras keras. Hal yang saya dapat petik dari kunjungan ke Vihara Ratanavana Arama adalah walaupun di sana ada yang berbeda agama tetapi mereka saling membantu dalam hal apapun.

* Siswa SMA Negeri 1 Pamotan saat ini sedang duduk di bangku kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial

Post a Comment

Previous Post Next Post