Laporan Perjalanan Muhammad Nur Reza di Vihara Ratanavana Arama

Laporan Perjalanan Muhammad Nur Reza di Vihara Ratanavana Arama

Penulis: Muhammad Nur Reza Habibi* 

1.    Letak Vihara Ratanavana Arama
Letak Vihara Ratanavana Arama di desa Sendangcoyo,kecamatan Lasem,Kabupaten Rembang di area pegunungan.

2.    Rute Menuju Lokasi
Seperti yang saya alami rute ke Vihara sangatlah jauh kurang lebih 30 KM, waktu itu saya berangkat jam 8,sebelum berngkat ada pembekalan dari Bapak Suhadi tentang teknis Laporan Perjalan , sesudah itu langsung menuju Bis . Dengan kapasitas 16 Penumpang ,ada 2 bis yang satu untuk laki-laki yang satunya lagi perempuan siswa kelas XI IPS 5 berjumlah 33 .
Rute menuju lokasi  dari SMA menuju ke kecamatan Pancur khususnya jalan menuju desa Warugunung,sering kali ditemui tikungan  dan tanjakan,jalanan kurang memadai .

3.    Suasana Perjalanan
Suasana menuju ke vihara masih sangat alami dikelilingi pohon-pohon yang sanga t asri sehingga udara masih banyak menyimpan oksigen begitupun juga rumah rumah disekitar rute menuju lokasi masih tergolong sederhana .

4.    Respon Pihak Vihara
Respon pihak Vihara ketika kita datang ke Vihara sangatlah bagus , salig menghargai satu sama lain .
Ketika kita datang ke Vihara langsung disambut oleh pihak Vihara sehingga ada daya tertarik tersendiri,

5.    Kondisi Masyarakat
Kondisi masyarakat Sendangcoyo khususnya sekitar Vihara 80% umat Islam ,sedangkan 20% umat Budha ,tapi  rasa kerukunanya sangat merekat di desa ini .
Ketika ada acara di Vihar , umat islampun ikut membantu begitu pula ketika ada umat Islam punya acara umat hindu ikut membantu.

6.    Kondisi Lingkungan
Kondisi lingkungan di area Vihar sangatlah bagus buat perkebunan terutama pada tekstur tanah lumayan subur sehingga ditanami berbagaitumbuhan, buah-buahan,bunga-bungaan,dan  hewan pertenakan tumbuhan yang ada di sekitar Vihara yaitu salah satunya kecubung, buah-buahan yang ada misalnya jambu, durian, mangga, nangka, mojo dan lain-lain , bunga yang ada disana mawar, melati, kamboja, menyan, dan lain lain adapun  hewan yang ada yaitu seklompok anjing penjaga dan tupai.

Nur Reza Habibe, 2017 
7.    Cerita singkat tentang bangunan  situs yamg ada di Vihara
Situs yang ada divihara terdapat 5 situs :
ü  Situs Pertama terdapat sebuah patung anak kecil yaitu Sidharta Gautama  , Dewi Mahamaya , patung naga , patung gajah putih, patung bunga teratai yang terdiri dari 7 rangkai dengan keseimpulan kelahiran sang budha yang di impikan oleh Dewi Mahamaya yang akan memimpin dunia (konon katanya).
ü  Naik lagi ke tanga kita menemukan Situs Kedua disini kita bisa melihat patung Sidharta Gautama sedang bersemedi selama 6 tahun dan seluruh badanya kurus kering  di india berposisikan dibawah pohon beringin .
ü  Situs Ketiga  Sidharta gautama menemukan tujuh langkah mencapai kesempurnaan , terdapat patung yang sedang bersemedi tangan mengepal berbentuk simbol dan dibelakang patug tersebut terdapat cakra dan diatas teratai.
ü  Situs Kelima menceritakan sang Budha berdakwah mengajarkan ajaran-ajaran Budha kepada muridnya dan dikelilingi sekelompok rusa ditaman rusa Isipatana.
ü   Situs Terakhir situs kelima terdapat patung budha tidur maksud dari buda tidur yaitu sang budha telah meningal selama nya ,patung ini terbesar di indonesia.
ü  Adapun miniatur seperti candi yaitu tempat pemakaman BIkku Sudammo Mahatera .
ü  Situs kapal yang di nahkodai Bikku sudammo mahatera.

8.    Seperti yang saya lakukan di Vihara , melakukan penelitian tentang berdirinya Vihara Ratanavana    Arama dan mencari iformasi tentang agama Budha , sering bertanya kepada pihak Vihara ketika   kurang faham , mendokumentasi hal-hal yang penting  sehingga bisa menjadikan pengalaman hidup.

9.    Pesan untuk pihak pengelolah Vihara Ratanavana Arama , situs ini harus dijaga dan harus dilestarikan sebagaimana  potensi wisata dan tempat ibadah diwilayah Rembang.

10. Pesan untuk pihak Pemerintah perihal keberadaan Vihara Ratanavana Arama, tempat ini harus di Publikasikan kepada masyarakat Rembang bawasanya rembang mempunyai icon untuk umat budha , begitu pula di Nusantara.

11. Pesan  untuk teman-teman prihal keberadaan Vihara Ratanvana Arama, danya Vihara ini kita bisa mempelajari tentang potensi keanekaragaman agama.

12. Menjadikan siswa percaya diri, bisa berintraksi dengan masyarakat, berpikir positif dan percaya,  bisa menganalisi suatu penjelasan, belajar untuk menjadi ilmuan, bisas memenej waktu untuk membuat laporan.

Post a Comment

Previous Post Next Post