Laporan Penelitian Tumpeng Pesisiran – Edisi Kelas X 6

Laporan Penelitian Tumpeng Pesisiran – Edisi Kelas X 6


Laporan Penelitian Tumpeng Pesisiran – Edisi Kelas X 6 


Cover 

Kata pengantar

Abstrak/sari

Daftar isi 




Latarbelakang 

Budaya  makanan  Indonesia  dibentuk  oleh  beberapa  faktor  seperti  alam,  sejarah,  dan  budaya.  Menurut Soemardjan (1985) perkembangan gaya kuliner kita dipengaruhi oleh budaya lokal, agama dan perdagangan. Dengan  keanekaragaman  geografis  dan  budaya  yang  sangat  besar  di Nusantara,  terbukti  masakan  Indonesia  kaya  akan  variasi  dan  rasa.  Karena  beragamnya  jenis  dan  gaya  kuliner  di  Indonesia,  sulit  untuk  menentukan  makanan  mana  yang  bisa  dipilih  untuk  mewakili  Indonesia  secara  keseluruhan.  


Pada tahun 2012 Pemerintah  Indonesia  meluncurkan  Tumpeng  sebagai  ikon  makanan  tradisional  Indonesia (Kemenparekraf RI, 2012) karena dapat mewakili budaya dan cara hidup masyarakat Indonesia melalui bahan, warna,bentuk dan teknik penyajiannya. Tumpeng  adalah  makanan  berbahan  dasar  nasi  berbentuk  kerucut yang  biasa  disajikan  dengan  lauk  seperti  sayuran,  daging,  ayam,  dan  telur  dalam  upacara  adat  Jawa.  Dalam khasanah Jawa, ragam tumpeng dapat dikenal mulai dari tumpeng  kuning  (kuning),  putih  (putih),  robyong,  gundhul,  kencana,  ropoh,  bango  tulak,  panggang,  dhuplak,  kendhit,  megono,  urubing  damar  dan  pangkur (Amangkunegara, 1986). 


Salah satu khasanah tumpeng yang belum banyak dikenal secara luas adalah Tumpeng Pesisiran. Tumpeng ini tidak melulu didominasi ornamen gunungan dan berlauk daging dari hewan yang hidup di darat. Tumpeng pesisiran adalah tumpeng dengan gaya orang pesisir yang berdaulat dengan lauk dari hewan yang hidup di air laut atau tambak, dan sayuran dari tanaman pantai. 


Melalui tumpeng, dapat dijadikan simbol persatuan sosial (Radix, 2014)  dalam merajut kenusantaraan dengan tetap daulat gizi seimbang (Soekirman, 2011). Harapan kedepan, Tumpeng Pesisiran dapat gunakan untuk ruang dialog dalam pemajuan desa-desa di Kawasan Pesisir melalui kuliner yang ikonik dan ke-Indonesia-an. 


Sehubungan dengan hal tersebut, tumpeng pesisiran memiliki keunikan dari sisi objek maupun subjek. Dari sisi objek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada materi makanan yang didalamnya mengandung nutrisi seimbang yang diperlukan untuk asupan gizi setiap orang. Dan dari sisi subjek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada ketersediaan bahan, proses membuatnya, hingga kegiatan sosial-tradisi yang berdampingan. Dengan keunikan tersebut, tumpeng pesisiran menjadi menarik ketika digunakan untuk objek dan subjek penelitian sosial.

Rumusan masalah

Berdasar studi awal pendahuluan tentang tumpeng, masalah dalam penelitian kali ini tentang para siswa memahami dan mempraktikkan materi penelitian sosial melalui tumpeng pesisiran. Dengan demikian maka rumusan masalah dalam pembelajaran ini adalah bagaimana membuat tumpeng pesisiran. Rumusan pertanyaan ini kemudian di turunkan menjadi beberapa pertanyaan sebagai berikut. 

a. Apa dan dari mana bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat tumpeng pesisiran? 

b. Bagaimana proses membuat tumpeng pesisiran? 

c. Dari dua pertanyaan turunan tersebut, diharapkan siswa juga dapat merambah pada model rekayasa pemajuan desa dengan tumpeng pesisiran?


Tujuan penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; 

a. Untuk mengetahui apa dan dari mana bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat tumpeng pesisiran.

b. Untuk mengetahui bagaimana proses membuat tumpeng pesisiran. 

c. Untuk mengetahui model rekayasa pemajuan desa dengan tumpeng pesisiran.


Manfaat penelitian

Kajian Pustaka 

Tulisan ini berisikan kajian awal tentang tumpeng pesisiran, atau tepatnya tentang tumpeng itu sendiri. Tulisan ini dibangun dari kajian dokumen yang telah tersebar di ragam jurnal dalam dan luar negeri. Dari kumpulan dokumen kajian tumpeng tersebut kemudian diolah sedemikian rupa dalam rangka memvisualkan secara deskriptif tentang apa itu tumpeng, makna tumpeng, relasi tumpeng dengan media pembelajaran ilmu pengetahuan, media tumpeng untuk komoditi sosialisasi program pemerintah, serta  diskursus tumpeng untuk kesejahteraan sosial. Akhir dari tulisan ini tidak lain adalah untuk mengajak para pembaca untuk berekspresi dalam konteks sosiologis tentang apa dan bagaimana aksi sosial kita dalam berinteraksi dengan tumpeng yang telah menjadi ikon kuliner nusantara. 

Lestari (2016) dalam tulisannya yang berjudul Nasi Tumpeng, A Way To Convey The Message Through Meaningful Signs. International Review of Humanities Studies, memaparkan dengan apik tentang bagaimana mengenal tumpeng dari cerita tutur. Ada banyak pendapat tentang kata tumpeng. Ada yang berpendapat bahwa tumpeng berasal dari kata tumpeng berasal dari tumumpang ing… dan sakkupeng ing…. Kata tumumpang ing… mengacu pada nasi berbentuk kerucut yang berada di atas sedangkan sakkupeng ing… mengacu pada lauk pauk yang ada di sekitar nasi berbentuk kerucut (Lestari, 2016:41).  

Dalam hal bentuk, Rodhi (2007) menginformasikan bahwa setiap tumpeng terdiri dari tumpeng kerucut dan tumpeng parabolik. Namun menurut Alfajria & Sudjudi (2015) bentuk tumpeng tidak selalu demikian, dimana tumpeng selalu muncul dalam beragam bentuk dan kelengkapan. Keragaman bentuk tumpeng inilah, menurut Sugiman (2019) telah menjadi ekspresi nilai estetika masyarakat Jawa dalam menghias makanan.

Makna tumpeng kerapkali dihubung-hubungkan dengan ruang kebatinan masyarakat Jawa. Makna klasik yang melangit itu kemudian tidak mudah dijangkau oleh generasi muda. Beberapa studi tumpeng yang berhubungan dengan makna klasik dapat dilihat pada studi Sutiyono (1998) dan Rondhi (2007). Menurut Sutiyono (1998:2) tumpeng dan gunungan dalam kebudayaan masyarakat Jawa menjadi simbol dari berbagai fenomena, antara lain keselamatan, kedamaian, dan keseimbangan alam. Begitu halnya dengan Rodhi (2007) Ia memaknai tumpeng dalam sudut pandang alam kebatinan seks orang Jawa. Menurut Rodhi, makna tumpeng kerucut adalah simbolisasi dari kelamin laki-laki (kerucut) dan tumpeng parabolik merupakan simbolisasi dari perut atau rahim seorang perempuan. Hal senada juga disampaikan Suparman (2019:75) dimana tumpeng masih digunakan untuk dipersembahkan kepada pasangan pengantin saat ritual suci keagamaan. Bahkan dalam studi terbaru yang dilakukan Fitriana (2021) tumpeng juga masih direpresentasikan dengan ritual peneguhan mereka pada roh yang telah menjaga desa.  Sulastri & Apriyani (2021) tumpeng masih digunakan struktur sosial sebagai alat pengesahan pranata pranata dan lembaga kebudayaan, sebagai alat pendidikan (pedagogical device), dan sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota.

Penelitian-penelitian tentang tumpeng ternyata tidak sebatas pada kajian makna saja. Beberapa peneliti telah mengkaji hubungan tumpeng dengan kajian ilmu pengetahuan yang lain. Penelitian tumpeng yang berhubungan dengan kajian ilmu pengetahuan dapat dilihat dari penelitian tumpeng juga dihubungkan dengan potensi dan pengenalan tempat tinggal. Studi tersebut dapat dilihat pada Lestari (2016) dimana ia telah memaparkan bahwa pesan yang bisa ditangkap dari sebuah tumpeng adalah tentang lokasi tempat tinggal mereka. Melalui tumpeng, mereka mencoba mengungkapkan bahwa ada dua dunia, darat dan laut yang dapat memenuhi kebutuhan pangan manusia. Masyarakat menyadari bahwa lokasi yang sangat strategis dan bermanfaat. Masyarakat perlu menjaga lingkungan hidup sekaligus menjaga Kesehatan. Masyarakat melihat bahwa mereka bisa tidak hidup sendiri sehingga harus menjaga kesadaran sosial terhadap masyarakat dan lingkungan, sebagai klimaks untuk menyampaikan pesan hubungan manusia dan pencipta.

Penelitian tumpeng yang cukup maju juga telah dilakukan oleh Thamrin, Santoso & Prayitno (2017:12), Ferdiana & Nasir (2017),  dan Kurnia, Susilo & Mardiana (2018) dimana penelitian tersebut sepakat bahwa tumpeng telah digunakan ikon simbolik untuk pendidikan gizi anak yang terbukti mampu mempengaruhi anak dalam pengenalan gizi Seimbang terhadap pengetahuan gizi dan pola makan anak. Masih dalam tema penelitian tumpeng untuk pengembangan ilmu pengetahuan, hal menarik juga dapat dilihat pada penelitian yang dilakukan Himmah dkk (2019) dimana bahan, bentuk, dan aktivitas tumpeng dapat ditransformasikan dalam abstraksi matematika etnis. Sebuah terobosan yang menarik untuk dikembangkan.

Dalam penelitian Alfath dan Permana (2016:168) tumpeng memiliki tiga dimensi dalam pemanfaatannya. Pertama, tumpeng pelestarian tradisi dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Kedua, tumpeng untuk promosi pariwisata setelah menurunnya jumlah wisatawan setelah letusan tahun 2014. Ketiga, tumpeng untuk media komoditas politik teritorial terkait dengan sengketa dengan wilayah. Hal senada juga dapat dilihat penelitian yang dilakukan Rusdiana (2019) yang telah melangkah lebih jauh tentang pemaknaan fungsi tumpeng, dimana tumpeng telah digunakan untuk sumber ide penciptaan motif batik untuk busana pesta wanita. Terlebih penelitian yang dilakukan Siregar (2018:378) dan Putra, Kartini, & Dewi (2020:98)  tumpeng telah dijadikan media dalam program pemberdayaan masyarakat miskin, dimana kelompok masyarakat mendapatkan pendampingan membuat tumpeng untuk dipasarkan secara luas guna meningkatkan kesejahteraan kelompok sosial yang rawan. 

Walaupun demikian, reaksi keras terhadap kecemasan tersingkirnya kuliner tradisional telah disampaikan oleh Krisnadi (2020:39) dalam penelitiannya yang berjudul Tumpeng in The Era Of Globalization. Krisnadi mencoba mengembalikan ingatan kita tentang tumpeng yang selalu dihidangkan pada acara merayakan hari ulang tahun, syukuran, yang bersifat non-formal maupun formal. Namun di era globalisasi dalam bidang kuliner dengan masuknya kuliner tradisional dari negara Asia, Timur Tengah, dan Barat ketenaran kuliner asing tersebut telah berhasil menggeser kedudukan tumpeng sebagai kuliner tradisional dan identitas bangsa. Melalui penelitiannya tersebut, Ia mengajak kita semua untuk bagaimana caranya dalam membangkitkan ketenaran dan kesakralan tumpeng di masa lalu, kepada masyarakat khususnya generasi muda, dan menanamkan rasa bangga dan mencintai tumpeng sebagai kuliner tradisional Indonesia. Hal demikian juga senafas dengan pandangan Setyonugroho (2020) tentang apa dan siapa saja yang ada di desa harus memiliki visi untuk kemajuan desanya. Hanya saja Krisnadi dan Setyonugroho belum memberi resep tentang langkah-langkah strategis apa yang dilakukan agar tumpeng menjadi pilihan kuliner yang tidak lekang oleh generasi zaman. Kajian yang terkesan lebih maju dalam hal menggunakan produk kearifan lokal untuk pemajuan desa terlihat telah dilakukan oleh Hermansah (2021) dimana Ia dengan tegas memilih jalan daya sosial dan budaya dapat digunakan untuk memajukan desanya. Namun ketegasan Hermansah belum disertai dengan bagaimana skema yang apik dalam menyusun rekasayasa pemajuan kebudayaan desa melalui tumpeng. Lantas bagaimana dengan reaksi kalian?

Budaya  makanan  Indonesia  dibentuk  oleh  beberapa  faktor  seperti  alam,  sejarah,  dan  budaya.  Menurut Soemardjan (1985) perkembangan gaya kuliner kita dipengaruhi oleh budaya lokal, agama dan perdagangan. Dengan  keanekaragaman  geografis  dan  budaya  yang  sangat  besar  di Nusantara,  terbukti  masakan  Indonesia  kaya  akan  variasi  dan  rasa.  Karena  beragamnya  jenis  dan  gaya  kuliner  di  Indonesia,  sulit  untuk  menentukan  makanan  mana  yang  bisa  dipilih  untuk  mewakili  Indonesia  secara  keseluruhan. 

Pada tahun 2012 Pemerintah  Indonesia  meluncurkan  Tumpeng  sebagai  ikon  makanan  tradisional  Indonesia (Kemenparekraf RI, 2012) karena dapat mewakili budaya dan cara hidup masyarakat Indonesia melalui bahan, warna,bentuk dan teknik penyajiannya. Tumpeng  adalah  makanan  berbahan  dasar  nasi  berbentuk  kerucut yang  biasa  disajikan  dengan  lauk  seperti  sayuran,  daging,  ayam,  dan  telur  dalam  upacara  adat  Jawa.  Dalam khasanah Jawa, ragam tumpeng dapat dikenal mulai dari tumpeng   kuning   (kuning),   putih   (putih),  robyong,  gundhul,  kencana,  ropoh,  bango  tulak,  panggang,  dhuplak,  kendhit,  megono,  urubing  damar  dan  pangkur (Amangkunegara, 1986).

Salah satu khasanah tumpeng yang belum banyak dikenal secara luas adalah Tumpeng Pesisiran. Tumpeng ini tidak melulu didominasi ornamen gunungan dan berlauk daging dari hewan yang hidup di darat. Tumpeng pesisiran adalah tumpeng dengan gaya orang pesisir yang berdaulat dengan lauk dari hewan yang hidup di air laut atau tambak, dan sayuran dari tanaman pantai.

Melalui tumpeng, dapat dijadikan simbol persatuan sosial (Radix, 2014)  dalam merajut kenusantaraan dengan tetap daulat gizi seimbang (Soekirman, 2011). Harapan kedepan, Tumpeng Pesisiran dapat gunakan untuk ruang dialog dalam pemajuan desa-desa di Kawasan Pesisir melalui kuliner yang ikonik dan ke-Indonesia-an.

Sehubungan dengan hal tersebut, tumpeng pesisiran memiliki keunikan dari sisi objek maupun subjek. Dari sisi objek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada materi makanan yang didalamnya mengandung nutrisi seimbang yang diperlukan untuk asupan gizi setiap orang. Dan dari sisi subjek, keunikan tumpeng pesisiran terletak pada ketersediaan bahan, proses membuatnya, hingga kegiatan sosial-tradisi yang berdampingan. Dengan keunikan tersebut, tumpeng pesisiran menjadi menarik ketika digunakan untuk objek dan subjek penelitian sosial.

Metode penelitian

Kegiatan Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran ini dilakukan pada; 


Hari/ Tgl : Rabu Kliwon, 15 Maret 2023 

Pukul : 07.00  s.d 13.30 wib 

Tempat Penelitian : Rumah Warga Dasun 

Tempat Presentasi : Gedung Serbaguna Dasun  

Peserta : Siswa Kelas X sejumlah 288 orang atau 32 kelompok

Pedoman Pengamatan

Mengamati aktivitas keseharian masyarakat yang kamu kunjungi mulai dari pagi, siang, dan malam ( fokusnya masyarakat Dasun )

Mengamati alat yang digunakan masyarakat dalam melakukan aktivitas keseharian.

Mengamati produk unggulan apa yang dimiliki masyarakat.


Pedoman Wawancara

Menanyakan asal usul masyarakat yang dikunjungi

Menanyakan asal-usul atau sejarah masyarakat yang kamu kunjungi.

Menanyakan aktivitas keseharian masyarakat yang kamu kunjungi.

Menanyakan alat-alat yang digunakan masyarakat dalam aktivitas kesehariannya.

Menanyakan apa saja produk unggulan masyarakat yang kamu kunjungi.

Menanyakan asal usul tradisi tumpengan ada di masyarakat.

Menanyakan rempah apa saja yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.

Menanyakan dari mana resep rempah didapatkan.

Menanyakan bagaimana bentuk dan karakteristik rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.

Menanyakan dari mana mendapatkan rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran.

Menanyakan mengapa menggunakan rempah tersebut, dan apa fungsinya dalam makanan.

Menanyakan rempah yang digunakan membuat tumpeng pesisiran

Menanyakan bahan daging hewan  yang  hidup  di  darat.

Menanyakan bahan daging yang  hidup  di  air.

Menanyakan sayuran  yang digunakan.

Menanyakan jenis tumpeng yang dibuat (tumpeng kuning/ tumpeng putih).

Menanyakan cara membuat tumpeng nasi kuning.

Menanyakan cara membuat tumpeng nasi putih.

lauk pauk yang digunakan.

Menanyakan bahan-bahan yang digunakan memasak lauk-pauk.

Menanyakan cara memasak lauk pauknya.

Menanyakan cara menata tumpeng.

Menanyakan tempat sajian tumpeng yang digunakan.

Menanyakan pada acara apa warga membuat tumpeng.

Menanyakan bagaimana prosesi tumpengan berlangsung.

Menanyakan apa yang dirasakan warga pada saat membuat tumpeng.

Menanyakan apa yang dirasakan warga setelah tumpengan.

Menanyakan apa yang dirasakan warga ketika tidak melakukan tumpengan.

Menanyakan apakah tradisi tumpeng masih ada sampai sekarang.

Menanyakan apakah terjadi perubahan perubahan menggunakan tumpeng pada saat acara tertentu.

Menanyakan apakah terjadi perubahan bahan dan cara memasak tumpeng.

Menanyakan apakah terjadi perubahan tampilan tumpeng.

Menanyakan apakah ada warga yang ingin mengubah atau menghilangkan tradisi tumpengan.

Menanyakan apakah terjadi penolakan dalam menggunakan tumpeng.

Menanyakan masa depan tumpeng pesisiran.  

Hasil penelitian

                   


Hi hello guys, kali ini saya kembali menulis disitus ini dalam rangka mendokumentasikan kegiatan saya dan teman-teman saya pada saat Learning Tour kemarin. Kayaknya lokasi Learning Tour sudah pernah saya singgung di blog sebelumnya, yaitu di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Kami didampingi oleh Bu Indarti PN, S.Pd dan Bu Andayani serta Bapak Bambang selaku tuan rumah. Kami mendapat nomer urut kelompok ke 21, semua anggota di kelompok ini bagian dari kelas X6. Selama di Dasun kami selalu mencoba sebaik dan semandiri mungkin agar tidak merepotkan Ibu dan Bapak tuan rumah. Oh ya fun fact nih kami adalah anak Antifragile loh wkwk, anti banting ting ting. Kenalan dulu yukk sama kami!


Saudara Muhammad Yusuf, cowok tinggi dengan seribu keahlian. Karena kebolehannhya itu ia bertugas sebagai penghias wadah Tumpemg, pecetak Tumpeng, dan abang Sh**eefood ia yang mengangkat Tumpeng dari rumah warga ke Gedung Serbaguna.


Saudari Bunga Farmawati, kelompok kami punya nama kesayangan untuknya yaitu Bocil Kematian. Ia dapat melakukan semua hal dengan baik, bahkan dikali pertamanya, bocil kematian banget kan? tugas utamanya adalah untuk membuat hiasan Tumpeng, mewawancarai tuan rumah dan menata isi Tumpeng. Terkadang iapun membantu anggota yang lain, sangat multitalend.


Third, our mood-booster saudari Indira Suci Cahyani. Gadis dengan tinggi badan diatas rata-rata kami, kemanapun tidak lupa menyenangdungkan lirik lagu Ikan Cupang. Ia bertugas menjadi pemilik properti dokumentasi utama kami, itu ia menjadi asisten dokumentator, selain itu ia juga membantu dalam kegiatan mewawancarai, ia juga sempat farm tour dengan Bapak Bambang. 


Saudara Adiyatma Yafi Prabawa anggota yang direkrut secara khusus karena ia lulus seleksi dari ujian "Seberapa Kegunaanmu" di kelas kami. Ia bertugas sebagai pemotong bumbu, dan kurir retur cetakan Tumpeng yang telah digunakan. Selain itu ia jadi pembagi tahu bulat dan sotong untuk moodbooster kami. 


Marosatul Khasanah, ibu Ketua Kelas tercinta. Cewek Astrophile, jika bertemu kami dan melihat ada yang mengarahkan kamera ke langit untuk mengabadikan lukisan Tuhan itu sudah dapat dipastikan dia adalah cewek ini. Ia bertugas sebagai pemotong bumbu, pembuat hiasan wadah Tumpeng, dan pembuat hiasan Tumpeng. Iapun menjadi pengawas untuk saudara Yafi dan Yusuf Maulana agar tidak pergi terlalu jauh.


Dwi Wulan Sari, gadis lucu dengan kebiasaan yang tidak lucu wkwk bercanda sayang. Ia bertugas sebagai pemotong bumbu, penghias Tumpeng. Ia pun ikut serta untuk menjaga Yafi dan Maulana agar tidak macam-macam selama Learning Tour. Kemampuan memasakknya lebih diakui daripada kemampuan milik penulis huhu. Padahal kita bisa masak dengan enak dan bergiji ya Wul


Haelani Cahya Ramadhani, cewek kuat nan anti letoy punya kami. Dengan senyum manisnya ia siap lahir dan bati untuk menggerjakan apapun tugas yang diberikan bapak ibu tuan rumah. Karena itulah ia ikut andil dalam banyak tugas seperti membuat hiasan Tumpeng, memotong bumbu, dokumentasi kecil-kecilan, dan farm tour dengan bapak Bambang. Ia pun ikut serta dalam penataan lauk pada Tumpeng yang sudah jadi. Kesan dari saudari Ela untuk kegiatan ini 

"Kesan dari saya dari pembelajaran learning tour ini sangat menyenangkan dan tidak membuat pelajaran terasa bosan yang hanya berada di kelas. Saya merasa bahagia ketika mendapatkan suasana baru untuk belajar, yang biasanya belajar didalam kelas membuat saya mengantuk.

Pesan saya sering sering adakan belajar diluar kelas maupun lingkungan sekolahan, karena masih banyak diluar sana yang belum kita pelajari."


Yusuf Maulana, nggak ada banyak deskripsi buat dia sih soalnya dia kabur muluu. Namun yeah dia cukup membangu untuk menghibur kami yang lagi spaneng. Ia beberapa kali ikut untuk memotong bahan untuk Tumpeng. 


    Dan yang terakhir Dina Shofiyana, saya sendiri. One and only girl with glasses in the group. Cewek dengan kebiasaan untuk menggoda cewek-cewek, saya tidak tau passion saya sih jadi saya mencoba untuk mencoba sebanyak mungkin pekerjaan. Aslinya sih bimbang soalnya mau ikut buat hiasan Tumpeng skillnya pas-pasan, mau ikut masak pun skill yang saya punya agak diragukan oleh teman-teman saya. Jadii pekerjaan utama saya sebagai Fotografer, Videografer, Dokumentator, Writter, dan apapun yang bersifat elektronik, teman-teman saya percaya hal ini kepadanya saya wwwww. 


Cukup sekian perkenalannya mari kita lihat keseharian kami saat Learning Tour, check it out!




Dimulai dengan apel pagi dan sedikit pengarahan serta pembekalan dari Bapak Suhadi, juga ada sedikit pesan dari bapak Kepala Sekolah dan kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Khamid.



Lalu kami berangkat dengan bus brem bremmm. Tiap-tiap kelas dibagi sama rata walau banyak yang masuk ke bus kelas yang salah gatau sih kalau memang itu niatnya.



Perjalanan dimulai dengan tenang kami semua berada dalam satu bus kecuali Yafi dan Maulana yang entah hilang kemana. Sepanjang perjalanan kami berbincang banyak hal salah satunya usulan agar seblak seafood dimasukkan sebagai menu dalam tumpeng wwww.



Singkatnya kami telah sampai desa Dasun kami menyempatkan diri untuk melihat-lihat tambak yang ada sebelum adanya bapak Bambang yang menghampiri kami dan menutun kami ke kediamannya. Disini kami melihat tambak ikan Bandeng organik. 



Sebelum memulai masak-masak kami berkenalan dulu dengan bapak dan ibu pemilik rumah, berkenalan dimulai dari nama dan rumah kami. Lalu kegiatan memasak pun dimulai dengan hikmat, kami juga mewawancarai Ibu Andayani dan Bapak Bambang seputar form pertanyaan yang telah ada. Saat memasak kami tidak terlalu mengambil foto, karena sangat riweuh.



Tumpeng siap uhuy uhuy. Tumpeng kami siap pas jam 10 lebih sedikit. Tiap tiap ornamen dalam tumpeng itu memiliki makna filosofis sendiri. Satu bunga cabai diatas melambangkan Allah Maha Satu, Maha KUasa, Maha Mellihat. sementara 5 bunga cabai malambangkan ibadah sholat fardu sebagai tiang agama. 6 wortel melambangkan 6 rukun iman dan 6 Profil Pelajar Pancasila yang harus kita tanamkan dalam hati, jiwa, dan pemikiran kita. 4 bunga tomat melambangkan 4 arah jalan hidup manusia, barat timur selatan dan utara, 9 lauk dalam tumpeng mewakili setiap 9 anggota kelompok kami juga, filosofis ini berasal dari sifat dan karakteristik yang ada pada teman-teman pun memiliki hubungan dengan makanan yang ada, undakan nasi tumpeng melambangkan kehidupan yang tidak akan langsung naik keatas pasti besar ataupun kecil akan ada masalah yang menyentil.



Sebelum pergi kami makan bersama karena lauk yang dimasak tersisa banyak sekali. Yah walau pada akhirnya kamipun kekenyangan saat hendak makan Tumpeng utama.




Foto kami bersama Bapak Bambang dan Ibu Andayani. Terimakasih pak, buk karena mau berbagi ilmu dengan kami dan mengajari kami dengan sabar dan telaten.




Perjalanan singkat kami ke Gedung Serbaguna untuk penilaian hasil Tumpeng. Aduh panas banget euyy



                           


Dalam perjalanan singkat kami menuju Gedung Serbaguna Desa Dasun kami sempat memfoto pemandangan indah lukisan Yang Maha Kuasa sungguh tiada tandingnya. Monggo kalau mau dipakai buat Wallpaper Handphone.



Foto Bareng Tumpeng! Perjuangan kami terasa terbayar karena telah sampai pada titik ini, kami berucap syukur karena dapat mengikuti kegiatan sampai akhir tanpa kehilangan suatu apapun



Cukup sekian Dokumentasi dari kelompok 21, semoga dapat mencukupi syarat kegiatan Learning Tour. Saya Dina Shofiyana sebagai penulis meminta maaf apabila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Oh iya guys dengan lupa stream Antifragile-Lesserafim! hehe cukup sekian 


Percuma punya banyak emas

Kalau emasnya ternyata palsu

Percuma kamu punya otak cerdas

Kalau akhlakmu buruk selalu

Wassalamulaikum WR.WB


Pembahasan

Simpulan 

Penutup 

Daftar Pustaka

Alfajria, N., & Sudjudi, I. (2015). Ensiklopedia tumpeng. Visual Communication Design, 4(1), 180630.

Alfath, E. D., & Permana, Y. S. (2016). Festival 1000 Tumpeng: Komodifikasi tradisi, pariwisata, dan ‘territoriality’di Gunung Kelud The Festival of 1000 Tumpeng: Commodification of tradition, tourism, and ‘territoriality’in Kelud Mountain. Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik, 29(4), 169-180.

Amangkunegara III. (1986), Serat Centhini (Suluk Tambangraras) Jilid II, Yayasan Centhini, Yogyakarta.

Cahyono, A. E. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Authentic Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jember. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 5(1), 1-13.

Ferdiana, S., & Nasir, M. (2017). Penerapan Media Tumpeng Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Siswa Kelas 5-6 di SDN 11/262 Semolowaru. Infokes, 7(02), 17-21.

Fitriana (2021). Tumpeng Sewu Culinary Festival in Rituals of Bersih Desa Kemiren as Tourism Object 2015-2019. Jurnal Historica Vol 5 No 1. 

Hermansah, Angga. (2021). Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun. Yogyakarta: Lintas Nalar

Himmah, F., Monalisa, L. A., Pambudi, D. S., & Trapsilasiwi, D. (2019). Ethnomathematics Of Tumpeng And Banyuwangi Tumpeng Sewu Rituals As Students’ Worksheets. Pancaran Pendidikan, 8(1).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (2012), “Nasi Tumpeng Dipilih Menjadi Andalan Ikon Kuliner Tradisional Indonesia”, tersedia di: www.travel.detik.com/travel-news/d-2124932/nasi-tumpeng-jadi-pendorong-wisata-kuliner-indonesia (diakses 03 Maret 2023).

Krisnadi, A. R. (2020). Tumpeng Dalam Kehidupan Era Globalisasi Tumpeng In The Era Of Globalization. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 1(2).

Kurnia, A. R., Susilo, M. T., & Mardiana, M. (2018). Developing Balanced Nutrition Snakes and Ladders as Educational Media for Balanced Nutrition Tumpeng on Elementary School Student. Jurnal Dunia Gizi, 1(2), 65-70.

Lestari, N. S. (2016). Nasi Tumpeng, A Way To Convey The Message Through Meaningful Signs. International Review of Humanities Studies, 1(1).

Mustikarani, W., & Ruhimat, M. (2018). Kelemahan dan Keunggulan Implementasi Authentic Assessment dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 147-153.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2020). Pelatihan Pembuatan Tumpeng Upakara sebagai Upaya Peningkatan Omset UKM Adi Upakara. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 93-98.

Radix AP Jati, I. (2014). Local wisdom behind Tumpeng as an Icon of Indonesian Traditional Cuisine. Nutrition & Food Science, 44(4), 324-334.

Rondhi, M. (2007). Tumpeng: Sebuah Kajian dalam Perspektif Psikologi Antropologi. dalam Jurnal Imajinasi, 3 (1).

Rusdiana, E. Y. (2019). TUMPENG ROBYONG SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN MOTIF BATIK UNTUK BUSANA PESTA WANITA. Ornamen, 16(1).

Setyonugroho, Exsan Ali. (2020). DASUN Jejak Langkah Dan Visi Kemajuannya. Yogyakarta: CV Lintas Nalar

Siregar, O. M. (2018). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Kelompok Keluarga Miskin Untuk Menambah Penghasilan Melalui Pelatihan Pembuatan Tumpeng Mini Di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Medan. Abdimas Talenta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 378-382.

Soekirman (2011), “Mengambil sejarah gizi Indonesia untuk melompat menuju generasi masa depan yang lebih baik: pengembangan pedoman gizi Indonesia”, Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, Vol. 20 No.3, hlm.447-451.

Soemardjan, S. (1985), “Pengaruh Budaya Terhadap Pangan Dan Gizi: Kasus Indonesia”, dalam Biswas, N. dan Pinstrup-Andersen, P. (Ed), Nutrition and Development, Oxford University Press, Oxford, hlm.163-181.

Sugiman. (2019). Nilai Estetika Tumpeng Jawa. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 22(1). https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v22i1.21

Sulastri, Y., & Apriyani, T. (2021). Tradisi Kepungan Tumpeng Tawon Desa Mangunweni Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen: Kajian Folklor. MIMESIS, 2(2), 138-146.

Suparman, I. N. (2019). BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA TRADISI NGEJOT TUMPENG. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 75-85.

Sutiyono, S. (1998). Tumpeng Dan Gunungan: Makna Simboliknya Ipa1, lkm Kehidupan Masyarakat Jawa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2).

Thamrin, H., Santoso, S., & Prayitno, A. (2017). Pengaruh Media Puzzle Tumpeng Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi dan Pola Makan Anak Taman Kanak–Kanak. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 1(1), 12-23.

Utami, B. (2009). Pengaruh strategi peta konsep dan diagram vee terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga yang diukur dengan authentic assessment (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Wardah, F. (2018). Pengembangan instrumen authentic assessment berupa penilaian proyek untuk mengukur kompetensi keterampilan siswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Wijaya, S. (2019). Indonesian food culture mapping: a starter contribution to promote Indonesian culinary tourism. Journal of Ethnic Foods, 6(1), 1-10.

Winasis, S. (2010). Penerapan metode student teams achievement divisions (stad) disertai authentic assessment untuk meningkatkan partisipasi dan penguasaan konsep dalam pembelajaran biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Nguter.

Wiyarsi, A. (2009). Penilaian proyek sebagai implementasi authentic assessment untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan kerja ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Yogyakarta: UNY.

Lampiran-lampiran pendukung


Post a Comment

Previous Post Next Post