Pola Asuh Keluarga Masa Kini

Pola Asuh Keluarga Masa Kini

Oleh: Wahyuni Nur
(Siswa SMA N 1 Pamotan)

Metode dalam penyusunan laporan ini adalah metode observasi (pengamatan) ,wawancara, dan tersembunyi. Metode observasi yaitu metode yang dilakukan dengan mengamati langsung.
Dalam arti sempit, observasi diartikan sebagai tindakan pengamatan secara langsung terhadap suatu gejala yang diselidiki, baik dalam situasi alami maupun buatan. Sedangkan dalam arti luas, observasi berarti pengamatan terhadap suatu objek , baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan alat penolong, ataupun data-data lain yang mendukung.
Metode wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi dimana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Dengan cara ini kami dapat mengumpulkan beberapa data untuk membuat laporan.
         Tersembunyi maksudnya tanpa diketahui orang tersebut ketika orang tersebut diwawancararai ,bersikap seolah-olah hanya bertanya.


1.  Dina adalah, anak laki-laki dari suami istri yang bernama khasan & masruroh.  Dina mempunyai 2 saudara, satu kaka & satu adik (kembarannya).Dina sangat  disayang  ayah & ibunya, setiap bangun Dina selalu dicium dengan mulut ditempelkan tepat dikeningnya.  Dan ibunya selalu menggendongnya dgn kasih sayang. Kedua tangan ibu berada dipunggung Dina sehingga Dina tidak akan menangis  saat bangun. Setelah bangun Dina langsung disuapi ibunya dgn pelan-pelan, bersama kembarannya dgn satu mangkuk. Ketika  malam tiba Dina dan kembarannya diajak jalan-jalan menggunakan motor sampai keduannya tertidur pulas. Setelah  sampai rumah,  pak khasan dan bu masruroh langsung membawa keduannya kekamar dan memberi pengamanan keduannya dgn menutupi mereka dgn kelambu kecil. Dgn begitu keduannya tertidur pulas. Sampai pada  suatu hari Dina & dan kembarannya berulang tahun, kedua orang tua nya menyiapkan kado untuk mereka  berupa baju couple. Memang  mereka masih kecil masih berumur  1 setengah tahun. Tapi mereka juga senang karena kedua orang tua mereka ceria pada hari itu. Meraka juga sering diperdengarkan nyanyian anak-anak seprti balonku ada 5, naik-naik kereta api. Dina & kembarannya dgn mudah menghafal lagu tersebut., walaupun lafalnya belum jelas, ortu mereka sangat bahagia melihat  Dina  & kembarannya  ceria.

 2.  Ofi lahir tepat pada tanggal 17 Januari 2001. Nila diberi nama Ahmad Sofiyullah dgn panggilan Ofi.  Setiap ayah Ofi menerima  gaji ayah Ofi selalu membelikan Ofi  mainan , Ofi juga dibelikan baju yang bergambar madun, messi & ronaldo. Ofi yang  masih kecil tidak mempunyai kamar pribadi dia masih tidur bersama  ortunya, sehingga kedua ortunya hanya dapat menyimpan maianan Ofi pada ruangan  khusus. Sampai pada suatu hari Ofi bermain tanpa  menggunakan  celanan  hanya memakai baju. Ibu Ofi pun langsung  berlari mengahampiri Ofi dan bilang’’ Ofi pakai celana, gak baik, malu, sini!!’’ Ofi menurut & langsung menghampiri ibunya ibunya & ibunya pun mengenakan celana ke Ofi. Ibu Ofi  lega melihat anaknya tidak hanya memakai baju.
 5.  Saat ibu memasak didapur, ia menyuruh  Ofi duduk dilantai. Ofi melihat sebuah pisau, lalu ibunya tahu kalau Ofi ingin mengambil pisau itu. Sang ibu mengambil pisau itu dan menjauhkan dari Ofi. Ibu pun mengatakan kepada Ofi bahwa itu namanya pisau  dan jangan dipegang. Ibu juga mengatakan bahwa api juga sangat berbahaya buat Ofi karena bisa terbakar. Begitu juga dengan arus listrik bisa menyetrum tubuh kita.  Dan sang ibu menjaga Ofi agar terhindar dari sesuatu    yang berbahaya dengan cara mengawasi Ofi lebih maksimal. 
 6.  Suatu hari Ofi demam tinggi, kedua ortu nya panik karena sejak  semalam suhu badan Ofi sangat tinggi, kedua ortunya pun langsung membawa  Ofi ke puskesma karena jarak puskesmas dekat dgn rumahnya. Beberapa hari  kemudian Ofi sembuh tetapi belum satu minggu, Ofi  yang suka minum ice terserang batuk. Kedua ortunya kembali panik , beruntung  ayahnya langsung  membeli obat batuk diapotik, tetapi tidak ada tanda-tanda Ofi sembuh dari batuk. Tak disangka ada tetangga Ofi  yang tau perihal pemnyakit, orang tersebut memberitahukepada ayah Ofi supaya memanfaatkan tanaman jahe yang berada didepan rumahnya. Ayah Ofipun sering berkonsultasi kepada tetangga itunya itu sehingga Ofi yang  juga sering  dibawa ayahnya  ketetangga  tersebut mengenalnya dengan baik. Tanpa disangka orang tersebut ternyata adalah seorang dukun pijet & orang yang mengetahui tentang  obat obat tradisional. Ayah Ofi ausah mengetahui tentang itu, tetapi dia sebelumnya tidak percaya, namun setelah dia berhasil menyembuhkan Ofi, ayah Ofi sering berkonsultasi dgn tetangga tersebut  &  karena ayah Ofi sering menyebutnya Mbah  Karno.

Post a Comment

Previous Post Next Post