Laporan Perjalanan Ayu Mawarni ke Vihara Ratanavana Arama

Laporan Perjalanan Ayu Mawarni ke Vihara Ratanavana Arama

Penulis: Ayu Mawarni *

Nama saya Ayu Mawarni S.L, Kelas XI IPS 2,,Desa Kedung RT 02 RW 01.

Vihara Ratanavana Arama*Terletak di *Desa sendangcoyo,Kecamatan Lasem,Kabupaten Rembang. Rute perjalanan menuju Vihara Ratanavana Arama*dari SMA N 1 PAMOTAN yaitu Gayam Sumber agung Njombok Pancur Gunung bugel Pohlandak terus Masjid Lasem belok ke arah timur menuju sumber girang lurus ke Ngemplak terus lurus terus ke Sendangcoyo. Saat perjalanan ke sendangcoyo suasananya sangat menyenangkan dan di dalam bus kami mendengarkan musik dan becanda bareng. Dan respon dari pihak vihara cukup baik saat kami tiba di lokasi atau vihara dan beliau dengan senang hati. Dan kondisi masyarakat sekitarnya cukup baik dan ramah walaupun beda keyakinan atau agama mereka tetap saling membantu atau gotong royong. Lalu kondisi lingkungan vihara sangat baik dan terlihat bersih karena di rawat oleh pihak vihara. Dan yang saya rasakan saat berada di vihara sangat senang karena bisa melihat patung2 yang besar2 dan bagus2. Dan suasana saat berada di vihara yaitu seperti di India karena bangunannya yang begitu besar dan berwarna keemasan dan suasananya sejuk karena tidak ada polusi yang tercemar. Dan kondisi atau keadaan tanahnya cukup subur dan berbentuk landai2.

Ketersediaan airnya pun cukup baik dan sudah mencakupi kebutuhan atau digunakan dalam vihara. Dan di vihara juga terdapat banyak *Tumbuhan*yaitu seperti tumbuhan pohon beringin,Mahoni,sargon,sala,srikoyo,pepaya,laba dan pohon pepaya. Adapun ada juga *buah2 an seperti buah sukun,delima,maja,pete,mangga,sawo,durian,nangka,dan buah kluweh. Dan tak lupa ada juga Hewan seperti tupai,kupu2,burung,anjing,monyet,tokek,dan ikan. Tax lupa satu lagi yaitu *bunga*yaitu cocor bebek,melati,kenanga,teratai,mawar,dan bunga angsa.

Di situ juga ada beberap  patung atau situs.

Yang pertama yaitu patung seperti patung Sidharta Gautama,Dewi Mahamaya,dan Ular naga raksasa sepanjang 25 meter dan tujuh bunga teratai.

Yang kedua,yaitu patung sidharta yang sedang bersemedi duduk di bawah pohon beringin.
Yang ke tiga yaitu sidharta gautama berdiri di atas bunga teratai.

Yang ke empat yaitu sidharta dan 5 muridnya yang sedang duduk.

Dan yang terakhir terdapat patung Budha yang sedang tidur atau mati sepanjang 14 meter dan dengan posisi tidur miring kekanan dan tangan kanannya di lipat di depan wajahnya.

Selain patung2 di atas terdapat juga candi yang menyerupai candi borobudur yang bernama candi Sudhamo Mahathera.

Dan dari situ pesan saya untuk pemerintah untuk menyebar luaskan tentang keberadaan vihara agar keberadaan nya banyak di ketahui banyak orang.

Dan pesan untuk teman saya jagalah kesopanan dan kebersihan dalam lingkungan vihara tersebut.
Dan hal yang dapat saya ambil dari Vihara Ratanavana Arama yaitu tetap saling menjaga kerukunan dan saling menghargai satu sama lainnya.

* Siswa SMA Negeri 1 Pamotan saat ini sedang duduk di bangku kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. 

Post a Comment

Previous Post Next Post