Manfaat Liburan Sekolah

Manfaat Liburan Sekolah

Penulis: Risma Choirina*

Liburan sekolah merupakan suatu hal yang sangat di nanti-nanti dan oleh para pelajar. Karena libur semester merupakan hal yang menyenangkan setelah para siswa melaksanakan ulangan semester. Libur sekolah banyak dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga. Karena pada saat itulah para anggota keluara yang jarang memiliki waktu dapat berkumpul dengan keluarganya. Banyak anak muda yang memanfaatkan waktu libur semester untuk berkumpul dan bermain dengan teman sekolahnya. Mereka mengisi liburan dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi orang. Disana mereka bersenang-senang dan mengabadikan momen bersama dengan sahabat dan orang terkasih. Kemudian hasil dari jalan-jalan tadi di share ke jejering sosial mereka masing-masing.

Liburan memiliki fungsi untuk mengistirahatkan diri setelah lama bekerja. Otak butuh waktu untuk beristirahat begitupun hati butuh kesenangan. Seperti halnya mesin yang terus-terusan bekerja butuh waktu beristirahat agar tidak terjadi kerusakan. Padatnya jadwal orang tua menjadi penghambat adanya quality time dengan keluarga. Hal lain yaitu gaya hidup zaman kini yang kurang baik,saat berkumpul dengan keluarga malah asik dengan handphone. Seharusnya mereka memanfaatkan waktu yang ada untuk sekedar berbincang-bincang atau bersenda gurau untuk mencairkan suasana.

Lain halnya dengan mereka yang hanya menghabiskan liburan dengan bermalas-malasan dirumah. Tidak mau membantu meringankan pekerjaan orang tua. Mereka malah sibuk dengan handphone didalam kamar. Padahal,membantu orang tua merupakan hak yang mulia mengapa tidak dilakukan. Mereka hanya mau menikmati enaknya dan tidak mau ikut susah payah mencari rezeki. Itulah yang menyebabkan bangsa ini mudah dijajah,karena para pemuda pemudi yang malas.
Sekian terimakasih......

* Siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas XI IPS 4 

Post a Comment

Previous Post Next Post