KUNJUNGAN LAPANGAN KEHIDUPAN NELAYAN TASIK AGUNG KABUPATEN REMBANG

KUNJUNGAN LAPANGAN KEHIDUPAN NELAYAN TASIK AGUNG KABUPATEN REMBANG


Penulis: Rhisma Emilia

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-nya sehingga penyusunan Laporan Individu Kunjungan Lapangan Kehidupan Nelayan Tasik Agung Kabupaten Rembangdapat terselesaikan dengan baik dan lancar.Harapansaya dengan tersusunnya laporan ini dapat membantu pembaca lebih tau dengan kehidupan nelayan Tasik Agung,Kabupaten Rembang.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung kami dalam melaksanakankegiatan kunjungan lapangan di Tasik Agung Kabupaten Rembang.

DAFTAR ISI
BAB I
1.Proses kunjungan lapangan
2.Keadaan umum lokasi
3.Hasil wawancara dengan pengurus kantor TPI Tasik AgungRembang,pengurusdilapangan TPI Tasik Agung Rembang dan juga penduduk sekitar.
BAB 2
1.Solusi dari masalah yang ada di TPI Tasik Agung Rembang
2.Harapan penulis

BAB 1 

1.Proses Kunjungan Lapangan

Rabu 25 April 2018, kami semua kelas 11 IPS 1&2 berangkat menuju TPI Tasik Agung Rembang menggunakan kendaraan bus.Kegiatan ini untuk mengamati kehidupan nelayan disana.Kami semua berangkat dari SMA N 1 PAMOTAN puku 07.30 dan sampai disana sekitar 08.45.Dan kami semua melanjutakan tugas kami untuk mengetahui kehidupan nelayan disanadengan cara wawancara.

2.Keadaan Umum Lokasi

Katika kami semua sampai disana banyak yang sedang melakukan tugasnya masing-masing,seperti sedang memindahkan ikan dari kapal ke TPI untuk dijual oleh pendagang dan juga proses pegangkutan ikan-ikan yang sudah di beli oleh pembeli ke berbagai kendaraan yang sudah ada yang telah disediakan oleh pembeli.

Proses pemindahan ikan dari kapal ke TPI


Proses pengangkutan ikan dari TPI ke truk atau kendaraan lainnya

 Kondisi lingkungan disanaagak kotor plastik-plastik berserakan, air bekas es batu yang sudah mencair banyak menggenang sehingga membuat pembeli dan pengunjung agak tidak nyaman.
3.Hasil wawancara dengan pengurus kantor TPI Tasik AgungRembang,pengurusdilapangan TPI Tasik Agung Rembang dan juga penduduk sekitar.


Hasil wawancara dengan pengurus kantor Tasik Agung ,Rembang
 Asal usul pelabuhan ini atau terbentuknya TPI 2 ini, sejak adanya alat tangkap cantrang.TPI 2 ini pun khusus untuk nelayan yang menagkap ikan dengan menggunakan cantrang.Berdirinya TPI 2 ini dibangun oleh pemerintah dan menggunakan dana pemerintah.Nelayan dan pendagang hanya memberi distribusi hasil lautnya kepada pengurus TPI,pemberian distribusi nelayan kepada pemerintah dihitung dengan per wadah atau keranjang, sedangkan untuk pedagang per kendaraan, beda kendaraan pun beda distribusinya.

Hasil wawancara dengan pengurus dilapangan TPI TasikAgung,Rembang

Wawancara dengan Pak Bakir, tentang pendistribusian ikan serta proses penjualan ikan di TPI
Cara penagkapan ikan yang ada di TPI 2 ini hanya menggunakan satu alat tangkap yaitu cantrang. Panjang tali yang digunakan untuk menarik cantrang berukuran sekitar 1200 M. Jenis kapal pun memiliki GT yang berbeda-beda,kalau kapal yang basar daya tampung untuk membawa bebekalan balok es sekitar 70-80 ton sekali angkut, sedangkan untuk kapal kecil GT nya hanya 10-15 ton saja. Cara berlayarnya pun berbeda, kalau kapal yang besar bisa berlayang ketengah sedangkan untuk kapal kecil hanya dipinggiran 12-13 mil itu pun ada batasannya dari mentrikelautan.Yangtau tentang batasan penangkapan ikan hanya P3(Pelabuhan Perikanan Pantai), sedangkan TPI hanya melayani proses jual beli ikan, dari nelayan ke pedagang dan pembeli.Namun yang menjual tidak langsung nelayan, tapi sudah ada pengurusnya dan nelayan pasarah saja. Harga ikan pun beda-beda, jenisnya pun banyak ada yang jenis kualitas ekspor,lokal dan pasaran. Ekspor itu jenisnya banyak seperti; kakap merah, kerapu,udangkipas.Kalau yang lokal, biasanya langsung dimasukkan kepabriksurimi(khusus untuk mengambil dagingnya). Kalau penagkapanikan-ikan kecil seperti ikan tongkol, penagkapannya menggunakan Porsen(banyak jaringnya daripada cantrang) alatnya terapung sedangkan cantrang untuk penagkapan dasar.

Selain dijual kepasaran, banyak yang diolah dengan berbagai jenis pengolahan seperti;dibuat tepung ikan, lansungekspor,langsung masuk pabrik yang diambil dagingnya, dan dibuat sarden dan masih banyak lagi. Pendapatan nelayan tergantung dari penjualan atau penghasilan ikan yang didapatkan. Pengeksporan ikan samapai ke Eropa(sejenis tuna),ikan kerapu yang besar , ke China, Jepang,Korea,Taiwan.Pembeli kebanyakan dari luar kota dan tidak hanya dari Rembang saja.Waktubelayar kapal juga harus mempersiapka kebutuhan pagan saat berlayar, daya tapung kapal pun berbeda-beda, kalu kapal besar berlayar samapi 25 hari, sedangakan kapal jenis kecil 7-10 hari. Pengisian bahan bakar pun berbeda kalu sg besar sekali isi mencapai 12-14 ribu liter, sedangkan kapal jenis kecil sekitar 5-8 ribu liter.Jumlah ABK pun juga berbeda kalau dikapal besar mencapai 20 orang ABK tapi kalau dikapal kecil hanya 12-14 orang ABK.

Hasil wawancara dengan penduduk sekitarTPI Tasik Agung,Rembang

Wawancara dengan penduduk sekitar yang bekerja sebagai pekerja daratan atau kuli

Menurut penduduk sekitar, dengan adanya pelabuhan ini menjadikan penghasilan bertambah bagi pekerja didaratan yang ada disekitarpelabuhan.Dan juga mengurangi jumlah pengangguran, dan ibu rumah tangga yang dulunya hanya mengurusi rumah,sekarang dapat ikut kerja digudang-gudang penampungan ikan seperti;mengepakikan,mindang, membersihakan ikan. Penduduk yang bekerja pun berbeda-beda, kebanyakan penduduk yang disebelah timur TPI mayoritas bekerja sebagai pekerja daratan(kuli) sedangkan disebelahbat TPI mayoitan menjadi nelayan dan juga ABK.Pendapatan yang diperoleh tergantung dengan musim cuaca, jika musim operasi hasilnya lumayan tapi jika musim ombak yang tidak bersahabat pendapatan berkurang dan banyak pekerja yang hanya diam dirumah(sepi) itupun juga tergantung dengan nelayan. Pekerjaan dimulai dari pukul 6 pagi samapi 10-11 siang.Sistem upah pekerja daratan berupa ikan dan ada juga yang barupa uang, namun kebanyakan upahnya ikan.Ikan itu untuk dijual, untuk kebutuhan sehari-hari

Masalah dalam pendidikan, sekarang agak mendingan karena sudah banyak pembangunan  dan fasilitasnya sudah agak terpenuhi yang dimulai dari pembangunan TPI 1,2, dan 3, itu pun juga tergantung pada anaknya sendiri mau sekolah atau tidak.Tapi kalau orang tuanya juga ingin menyekolahkan anaknya,tapi juga tergantung pada anaknya sendiri, biasanyakanankanya sendiri yang ingin mencari uang untuk kebutuhannya sendiri,seumpanya saja rokok, tapi kebanyak yang putus sekolah anak laki-laki yang ingin mencari uang. Rata-rata pendidikan kebanyakan sampai SMA tapi juga ada yang mencapai perguruan tinggi, namun tidak terlalu banyak tergantung pada kemampuan anaknya sendiri dan juga kemampuan orang tuanya,yang menyekolahkan sampai perguruan tinggi biasanya jaragan-jaragan kapal maupun nelayan yang mengutamakan pendidikan anaknya, dan kebanyakan orang tuanya yang bekerja sebagai pekerja daratan dapat menyekolahkan sampai SMA saja rata-rata yang laki-laki mengambil sekolah kejuruan. Dan anak perempuan yang tidak melanjutkan sekolah biasanya ikut jual ikan,sebagai buruh pabrik,namun jarang permpuan yang berhrnti sekolah.

Perayaan sedekah laut, sedekah laut biasanya dilaksanakan pada hari raya kupatan, hiburan dalam segi olah raga biasanya kasti,tongtongklek, kalau hiburan lainnya seperti ketoprak,dangdut,makan gratis. Dana yang digunakan untuk sedekah bumi sudah ada sendiri yaitu dari subsidi dari perahu-perahu atau kapal-kapal per harinya. Peserta sedekah laut hanya masyarakat Tasik Agung saja, tapi kalau ada pihak lain yang ikut partisipasi biasanya ikut dalam acara sedekah laut ini.Arti makna dari sedekah laut iji sudah tradisi sejak dulu, yaitu dengan menghanyutkan kepala kambiang dengan diiringi kapal-kapal, yang dilakukan pukul 7/8 pagi yang setelah diarak oleh masyarakat sekitar.

BAB 2

1.Solusi dari masalah yang ada di TPI Tasik Agung Rembang

Menurut saya masalah yang ada adalah tempatnya yang kurang nyaman karena banyak sampah plastik yang berserakan dan ditibun begitu saja tanpa ada yangmengurusinya.Dan juga tempatnya becek sehingga ketika kita berjalan dekat dengan yang ada genangan airnya kita bisa kena cipratan airnya,dan baunya tidak sedap karena air itu bekas dari es yang mencair yang digunakan untuk mendinginkan ikan. Menurut saya sampah plastik tersebut harus diangkut dan dibuang karena tidak enak untuk dipandang dan juga agar lebih nyaman dan juga harus dirawat lebih baik lagi agar pembeli dapat membeli ikan dengan nyaman. Dan ada satu masalah lagi yaitu tentang penangkapan ikan menggunakan cantrang, seharusnya penangkapan ikan dengan menggunakan ikan harus dilarang karen jika diterus-teruskan itu akan mengakibatkan masalah yang fatal, karena penggunaan cantrang dapat merisak ekosistem laut flora maupun fauna yang ada didalamnya. Kerenamenangkap dengancantrangsemua ikan akan tertangkap baik yang boleh dikonsunsi atau tidak, semua masuk kedalamcantrang tersebut. Seharusnya penggunaacantrang harus dihilangkan dan pemerintah harus menindak tegas masalah ini,agar tidak muncul masalah-masalah baru yang tidak di inginkan.

2. Harapan penulis

Harapan saya dengan adanya laporan ini dapat memberikan pemahaman tentang kehidupan nelayan yang ada di Tasik Agung Kabupaten Rembang. Dan juga memberikan pemahaman kepada pembaca tentang bahayanya penggunaan cantrang sebagai alatpenagkapan ikan dilaut. Semoga dengan adanya laporan ini lebih menyadarkan masyarakat untuk lebih bisa menjaga ekosistem yang ada dengan melestarikan dengan baik flora dan fauna yang ada di alam ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post